Sebanyak 486 Pantarlih Se Kabupaten Katingan Dilantik

Sebanyak 486 Pantarlih Se Kabupaten Katingan Dilantik

KASONGAN- Sebanyak 486 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada serentak tahun 2024 se Kabupaten Katingan dilantik dan diambil sump

Kapolda Kalteng Jalin Sinergitas dengan Kejati Kalteng
Pembangunan Masjid At-Ta’awun Diharapkan Cepat Rampung
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi Ivo Sugianto Sabran Gunakan Hak Pilihnya di TPS-02 

KASONGAN- Sebanyak 486 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada serentak tahun 2024 se Kabupaten Katingan dilantik dan diambil sumpah janjinya di ibu kota Kecamatan masing masing dan setiap Desa.

Khusus di Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 106 Pantarlih yang dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan di halaman Kantor KPU Katingan, Senin (24/6/2024). Selain Pelantikan Pantarlih juga dilaksanakan secara serentak pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih serentak.

Pj Bupati Katingan Saiful dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Deddy Feras mengatakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati secara serentak. Maka dalam mensukseskan Pilkada nantinya sangat penting tugas dan tanggung jawab bersama.

“Tugas yang diemban Pantarlih merupakan tugas yang sangat mulia dan sangat penting, karena Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan data pemilih yang akan digunakan pada Pilkada karena data harus akurat dan valid. Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas ini dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi,”kata Asisten Pemerintahan dan Kesra, Deddy Feras.

Dikatakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Deddy Feras tugas pemutakhiran data pemilih harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan profesional sehingga Pantarlih harus turun langsung turun kelapangan mendata setiap pemilih dengan cermat serta memastikan tidak ada warga yang sudah memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih.

“Ingatlah bahwa keberhasilan pemutakhiran data pemilih ini sangat penting dan sangat menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada secara keseluruhan, selain itu juga saya mengingatkan petugas selalu menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen jangan sampai ada kepentingan pribadi atau kelompok yang mempengaruhi kinerja Pantarlih,”kata Asisten Pemerintahan dan Kesra, Deddy Feras.

Sementara itu Ketua KPU Katingan dalam arahannya mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji Pantarlih dilaksanakan serentak se Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Katingan yang juga melaksanakan Coklit serentak yang mana lima kepala keluarga satu orang petugas Pantarlih.

“Semoga apa yang menjadi ikhtiar dan upaya kami selaku penyelenggara dalam hal persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Katingan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik yang hasilnya nanti bisa mendapatkan pemimpin yang benar – benar pemimpin yang dicintai dan diidamkan,”ungkap Wahyuni.

Menurut Wahyuni petugas Pantarlih sebanyak 486 orang ini yang bertugas di 303 TPS dimana dalam satu TPS ada yang dua petugas Pantarlih, hal ini karena dalam ketentuan apabila pemilih dalam satu TPS lebih dari 400 maka petugas Pantarlih ada dua orang.

(sus)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: