Palangka RayaSlider

Kapolres Sebut Pencegahan Penting Guna Menekan Kriminalitas

Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli
Palangka Raya,GK – Kapolres Kota Palangka Raya AKBP Lili Warli mengingatkan komitmen pemberantasan obat illegal dan kejahatan lainnya sudah seharusnya juga menekankan pada upaya pencegahan. Pencegahan dipandang perlu karena upaya ini bisa meminimalisir dan mengurangi niat dan kesempatan kriminalitas dan memberi pemahaman benar bagaiamana sebaiknya bertindak.

Kapolres menekankan, upaya pemberantasan seharusnya tidak hanya terfokus pada upaya penindakan saja tapi ada tahap yang dilaksanakan yakni pencegahan. Pencegahn ada hal yang harus dilakukan yakni pencegahan sampai rehabilitasi. Kapolres memandang selama ini yang dilakukan para pihak focus pada penindakannya saja sementar upaya pencegahan baru pada konsepnya saja. Artinya, tambah Kapolres, pencegahan ini sudah berjalan tapi belum maksimal. Untuk itu semua pihak harus memaksimalkan pencegahan .

“Tanpa upaya ini, kriminalitas akan terus bermunculan tanpa adanya pemahaman di masyarakat”, terangnya, pada Kamis (05/10)

Sementara menanggapi proses hukum adat yang berbarengan dengan dijatuhkannya hukum positif, kedua hal ini perlu singkronisasi . Keduanya haruslah dicari kesepakatan agar tidak saling bertentangan . Ia menilai ketika hukum positif berjalan bukan berarti hukum adat tidak berlaku dan perlu dicari kesepakatan masing masing. (mrt/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: