HeadlineKalimantan Tengah

Dekatkan Statistik dan Tumbuhkan Semangat Cinta Data Pada Mahasiswa

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) 2018 yang bertemakan “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa” Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalteng melaksanakan kegiatan Seminar bagi kalangan mahasiswa pada sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di aula Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Selasa (25/9/2018).

Acara Seminar ini mengundang tiga orang narasumber yakni Deputi Bidang Statistik Sosial – Badan Pusat Statistik, Dr. Margo Yuwono, S.Si, M.Si, Sekda Provinsi Kalimantan Tengah,
Fahrizal Fitri, S.Hut, MP, Pj. dan Dosen Pascasarjana Universitas Palangka Raya, GGGI Central Kalimantan Representative, Hendrik Segah, S.Hut, M.Si, Ph.D.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalteng, Hanif Yahya disela pembukaan Seminar, mengatakan tema HSN “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa” tema ini merupakan ajakan bagi semua komponen bangsa, baik pusat maupun daerah, termasuk Kalimantan Tengah ini untuk mejadikan DATA sebagai milik bersama, menjadikan DATA sebagai dasar dan pijakan dalam setiap kegiatan dan aktifitas kita, khususnya dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Demikian juga, tema HSN Tahun 2018 ini mengajak kita semua untuk bahu-membahu, bekerja bersama menghasilkan data yang berkualitas demi kemajuan dan kemakmuran bangsa dan Negara, demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kalimantan Tengah yang kita cintai bersama.

Dengan mengingat pentingnya data dalam kehidupan kita, maka dalam peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2018 ini, BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melaksanakan Seminar bagi kalangan mahasiswa.

“Sengaja kami mengambil lokasi seminar di Kampus untuk semakin mendekatkan statistik dan menumbuhkan semangat mencintai data bagi kalangan mahasiswa yang merupakan generasi penerus pembangunan bangsa dan negara,” terang Hanif.

Menurutnya, seminar kali ini, selain mengundang mahasiswa dari hampir semua Perguran Tinggi di Palangka Raya, juga mengundang para akademisi, birokrat, pelaku usaha, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menyatukan tekad membangun Provinsi Kalimantan Tengah dengan Data.

Melalui seminar kali ini, ada dua hal penting yang ingin dicapai yaitu ;
Membangun Kesadaran Bersama, Baik Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Luas tentang Arti dan Pentingnya Data Dalam Pembangunan. Kedua, Memasyarakatkan Hari Statistik Nasional kepada berbagai stakeholder sehingga tumbuh rasa memiliki.(Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: