DPRD Kotawaringin Timur

Evaluasi Desa Mandiri Pangan dan KMP

Sekretaris Dinas Ketahan Pangan Kotim Joni Parwoto saat memberikan paparan kepada peserta pada kegiatan rapat sosialisasi dan evalu¬asi dan kawasan mandiri pangan Rabu (20/2).

LENSAKALTENG.com,SAMPIT–Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Bumi Habar¬ing Hurung ini. Untuk menyukseskannya, diyakini Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotim Hanif Budi Nugroho melalui sekertarisnya Joni Parwoto den¬gan menyamakan persepsi, salah satunya antara pi¬haknya dengan pendamping desa mandiri pangan maupun pendamping kawasan mandiri pangan.
Penyamaan persepsi itu dilakukan dengan rapat sosialisasi dan evaluasi kegiatan Pengembangan Desa Mandiri Pangan (Demapan) dan Kawasan Mandiri Pangan (KMP) yang diikuti 53 peserta. Ke¬giatan sosialisasi ini untuk menopang terwujudnya kedaulatan pangan, yakni terpenuhinya pangan untuk hidup sehat dan produktif bagi setiap rumah tangga dari produksi dalam negeri.
“Selain itu pula melalui pembangunan, peneli¬tian, pengembangan dan penerapan iptek dalam bidang pangan. Hal ini sesui dengan salah satu tujuan mengakhiri kelaparan, mencapai ketah¬anan pangan, meningkatkan gizi dan mendorong pertanian berkelanjutan,”jelasnya saat diwancara, awak media Rabu (20/2).
Dirinya juga menambahkan, fokus kegiatan ketahanan pangan di 2019 ini yakni pengentasan wilayah rentan rawan pangan (kemiskinan, padat karya dan stunting), gerakan divertifikasi pangan, distribusi dan pengendalian harga dan mutu atau keamanan pangan baik monitoring harga, pasokan dan cadangan pangan, serta melakukan analisis, kajian dan kebijakan. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: