Hari Parlemen Indonesia Momentum Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Hari Parlemen Indonesia Momentum Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Pada 16 Oktober yang lalu, diperingati sebagai Hari Parlemen Indonesia. Berkenaan dengan itu, kalangan legislator d

Tunjangan ASN Harus Seimbang Dengan Kinerja
Cegah DBD, Diperlukan Kepedulian Bersama
Ini Kontribusi UPR Guna Cegah Wabah Covid-19

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Pada 16 Oktober yang lalu, diperingati sebagai Hari Parlemen Indonesia. Berkenaan dengan itu, kalangan legislator di DPRD Palangka Raya ingin menjadikannya momentum itu untuk meningkatkan kekompakan. Terutama dalam memberikan pengaruh memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan, kekompakan dan kerja sama fungsi-fungsi legislatif yakni, legislasi, anggaran, dan pengawasan bisa lebih dioptimalkan.

“Selamat Hari Parlemen Indonesia.. Kekompakan kita bersama menjadi pengaruh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya, Minggu (18/10/2020).

Lebih jauh politikus PDI Perjuangan ini mengungkap, melalui hari parlemen bisa menjadi pengingat bagi seluruh legislator dalam menjalankan komitmennya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, termasuk konstituen.

“Jadi, kita semua para wakil masyarakat bisa mengingat fungsi parlemen untuk mendengar aspirasi rakyat, serta menyampaikan dan mendorong hingga pengawasan terhadap lembaga eksekutif secara maksimal. Baik kebijakan maupun pembahasan anggaran,”jelasnya.

Sigit berharap, lembaga DPRD Palangka Raya dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam pembangunan kota setempat. secara khusus dan Indonesia secara umum.

Disisi lain juga mengharapkan agar peringatan Hari Parlemen Nasional dijadikan sebuah momentum untuk mengingat kembali semangat awal lahirnya parlemen di Indonesia.

“Kita harus mengenang proses Volksraad pada zaman Belanda, kemudian Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) tahun 1945, hingga akhirnya menjadi sebuah Lembaga Perwakilan Rakyat,”ungkapnya.

Pada sisi lain Sigit meminta semua pihak untuk mengambil peran dan jasa dari para pejuang bangsa hingga akhirnya memiliki lembaga perwakilan rakyat, yang berasaskan nilai-nilai Pancasila yang sangat demokratis.

“Semua itu tidak terlepas dari peran parlemen bersama pemerintah dalam menyusun Undang-indang, dan selalu menjaga nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,”pungkasnya.(sg/vd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: