Pemuda Desa Bangga Bekerja di PT. BMB Region Kurun melalui Pam Pemuda Pancasila

LENSAKALTENG.com - Kuala Kurun -  Pada situasi sulit akibat musibah dari dampak Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat menjerit secara ekonomi, t

Ini Alasan Pemerintah Tambah Kuota Beasiswa
Ini Cara Dinsos Gumas Agar Penerima BST Covid-19 Tidak Salah Sasaran
Turut Lawan Covid-19, PDAM Kuala Kurun Siap Suplai Air Bersih

FOTO : Ketua Pam PP Kalteng Happy Katoppo mengatakan dalam perekrutan tenaga kerja pengamanan memproritaskan sampai 90 % Pemuda-pemuda Dayak yang berada di sekitar PT. BMB sebagai bentuk kepedulian perusahaan memberdayakan orang lokal.

LENSAKALTENG.com – Kuala Kurun –  Pada situasi sulit akibat musibah dari dampak Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat menjerit secara ekonomi, telah banyak perusahaan yang memPHK karyawannya bahkan ada yang gulung tikar, akibat dari itu menambah jumlah pengangguran dan tentunya sangat sulit memperoleh pekerjaan dalam situasi saat ini.

PT. Berkala Maju Bersama (BMB) di Kabupaten Gunung Mas Propinsi Kalimantan Tengah yang bergerak pada Perkebunan Kelapa Sawit justru memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat terutama Pemuda Dayak yang direkrut untuk bekerja sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki (20/08/2021).

Cornelis N. Anton Putra Daerah Gunung Mas yang merupakan Owner di PT. BMB berkomitmen untuk selalu berupaya peduli dengan Masyarakat Dayak dengan cara memberikan kesempatan masyarakat lokal khususnya Pemuda Dayak bisa bekerja dengan bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Propinsi Kalimantan Tengah melalui Pasukan Pengamanan (PAM) PP Kalteng.

Ketua Pam PP Kalteng Happy Katoppo mengatakan dalam perekrutan tenaga kerja pengamanan memproritaskan sampai 90 % Pemuda-pemuda Dayak yang berada di sekitar PT. BMB sebagai bentuk kepedulian perusahaan memberdayakan orang lokal, mereka yang bekerja selain sebagai pengamanan juga akan dibekali pengetahuan tentang perkebunan kelapa sawit.

Pemuda Dayak Alfonsius dari Desa Penda Pilang Kec. Kurun menyampaikan kebanggaannya terhadap PT.  BMB karena diberikan kesempatan boleh bekerja, sebelumnya hanya seorang pengangguran dan sulit mencari pekerjaan dan pekerjaan yang diberikan sebagai tenaga pengamanan yang direkrut dan di seleksi melalui Pasukan Pengamanan Pemuda Pancasila (Pam PP)

Lanjut Alfonsius bahwa selain tugas sebagai pengamanan kami juga diberikan bekal pengetahuan tentang perkebunan kelapa sawit, hal ini menambah ilmu dan pengalaman bagi kami Pemuda Desa ini agar kedepan kami juga bisa berkarya secara mandiri jika suatu saat ingin berkebun kelapa sawit karena telah mendapatkan bekal pengetahuan yang cukup baik.

Menurut Rikie Pemuda Dayak dari Desa Petak Bahandang Kec. Kurun bahwa keberadaan PT. BMB ini telah memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat di seputaran perusahaan seperti Desa Tewah, Penda Pilang, Manyangan, Kampuri, Sepang Simin dan sebagainya sebab telah memberikan kesejahteraan bagi Pemuda Desa dengan memberikan kesempatan bekerja tanpa melihat latar belakang namun melihat dari kemauan untuk bekerja secara baik.

Tambah Nevin Pemuda Dayak dari Desa Tewah Kec. Tewah mengatakan bahwa kami sebagai tenaga kerja pengamanan untuk hak-hak kami seperti upah atau gajih mengikuti UMK (Upah Minimum Kabupaten) Gunung Mas, ada tambahan dana lembur lagi, begitu juga untuk BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan akan diberikan yang menyesuaikan dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Kami sangat bangga bisa bergabung dalam organisasi masyarakat Pemuda Pancasila karena melalui organisasi tersebut kami bisa memperoleh pekerjaan di tengah-tengah kondisi yang sangat sulit akibat Pandemi Covid-19 ini, Ormas Pemuda Pancasila ini telah membuktikan untuk memberikan kesejahteraan bagi anggotanya tanpa melihat latang belakang karena bagi mereka bahwa Pancasila ini adalah rumah bagi semua umat, kata Pemuda Dayak Okman D. Celcius dari Kelurahan Kurun Kec. Kurun.

Bakti Yusuf Irwandi Sekretaris Pam PP Kalteng yang saat ini sebagai Supervisi Pam PP di PT. BMB Region Kurun menyampaikan bahwa untuk sementara tenaga kerja pengamanan yang direkrut sebanyak 60 orang dan kedepan sesuai perkembangan akan ditambahkan dengan tetap memproritaskan Pemuda Dayak. Jadi seluruh anggota baik dari Region Manuhing dan Kurun sebanyak 140 orang dengan berlatang belakang yang berbeda baik secara Suku, Agama, Ras dan Golongan, karena bagi Ormas Pemuda Pancasila perbedaan itu justru menjadi kekuatan, kami memang bukan sedarah tapi kami lebih dari saudara.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: