Momentum HBA ke-62, Kejaksaan Dituntut Kedepankan Hati Nurani

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bakti Adyaksa (HBA) ke-62 Tahu

Tunggu SK Gubernur Unsur Pimpinan DPRD Kotim Depinitif Akan Dilantik
Berharap Warga Bartim Disiplin Jaga Kesehatan
Ketua DPRD Bartim Apresiasi Kinerja Kepolisian

FOTO : Pegawai Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah saat mengikuti upacara HBA ke 62, di Lapangan Kejati Kalteng, Jumat (22/07/2022).

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bakti Adyaksa (HBA) ke-62 Tahun 2022, di Lapangan Sepakbola Adhyaksa Kejati Kalteng, Kota Palangka Raya, Jum’at (22/07/2022).

Dengan Tema “Kepastian Hukum, Humanisn Menuju Pemulihan Ekonomi” yang disampaikan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), ST Burhanuddin bahwa wujud kepekaan kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini, serta menunjukan optimisme kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia.

“Karena hukum ditegakan dengan akal pikir, dan keadilan diasah dengan hati nurani, maka seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan agar hukum yang adil dapat ditegakan dengan sempurna,” ucap Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Imam Wijaya, SH.,M.Hum. saat membacakan amanat Kejagung.

Imam juga mengatakan, seorang jaksa harus terus mengasah hati nurani agar mampu menyeimbangkan segala aspek hukum, baik tertulis maupun tidak tertulis dan jangan pernah mencari rasa keadilan hanya di dalam buku.

Lebih lanjut, Imam menuturkan bahwa kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara profesional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat.

“Tetap mengedepankan humanis dengan masyarakat, karena itu sebagai bukti kita bekerja lebih profesional dan tetap menggunakan hati nurani,” pintanya.

Diakhir sesi kegiatan digelar juga syukuran memperingati HBA Ke-62 dengan pemotongan nasi tumpeng serta pemotongan Kue Ulang Tahun yang
di hadiri Wakajati Kalteng Dr. Siswanto, SH., MH., Pejabat Utama Kejati Kalteng, Seluruh pegawai Kejati Kalteng serta Kajari Palangka Raya dan jajaran, Kajari Katingan dan Jajaran, dan Para Purna Adhyaksa. (d0n)

Sumber : kejatikalteng

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: