Metadata Statistik Harus Kuat

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugainto Sabran melalui Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sum

Kepsek SDN 1 Sabaru Kena OTT Kejari
18,3 Persen  Perempuan Usia 15-64 Tahun Alami Kekerasan Fisik Maupun Seksual  
198 PBS di Kalteng Penuhi Inti Plasma

Foto : Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi .

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugainto Sabran melalui Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi  membuka workshop penyusunan metadata statistik dalam rangka penguatan statistik sektoral daerah tahun 2022, di Aula Kantor Bappedalitbang Prov. Kalteng, Selasa (15/11/2022).

Suhaemi mengatakan kegiatan statistik sektoral merupakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral lingkup provinsi baik secara elektronik maupun manual, dalam rangka memenuhi kebutuhan data untuk menunjang perencanaan daerah, serta untuk melihat sejauh mana kemajuan pembangunan daerah, khususnya di tingkat provinsi.

“Untuk mendukung urusan statistik sektoral ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik melaksanakan fungsi menyusun, mengolah, dan mengumpulkan metadata sektoral untuk keakuratan data statistik, sehingga data yang disusun dan dikumpulkan dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Suhaemi berharap, setiap produsen data dapat memahami metadata dalam penyusunan dan pengumpulan data teknis yang ada pada Perangkat Daerah masing-masing dalam mewujudkan satu data yang terintegrasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Prov. Kalteng Eko Marsoro berharap melalui workshop ini dapat disepakati beberapa hal, diantaranya dapat memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data; dapat diwujudkannya ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan; mendorong keterbukaan dan transparansi data; serta mendukung sistem statistik nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang metadata dalam pengelolaan statistik sektoral lingkup Pemprov. Kalteng serta koordinasi antara pembina data, walidata, dan produsen data dalam rangka penguatan satu data Indonesia di Provinsi Kalteng. (mmc/d0n)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: