KatinganSlider

Katingan Sukses Gelar Gala Desa Kemenpora

Kasongan,GK – Kompetisi yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bertajuk gala desa tahun 2017 di Kabupaten Katingan berlangsung sukses. Bupati mengapresiasi pelaksanaan turnamen tersebut dan berharap ke depan masyarakatnya lebih gemar berolahraga.
Sakariyas menuturkan, kompetisi gala desa yang bergulir sejak tanggal 6 hingga 17 Oktober di Kasongan mempertandingkan enam cabang perlombaan. Dirinya menilai, jajaran Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Katingan telah sukses melaksanakan agenda kementerian tersebut.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi dengan tinggi partisipasi masyarakat desa/kelurahan se Katingan untuk bertanding,” ungkapnya sebelum menutup gala desa di Lapangan Gagah Lurus Kasongan, Selasa (17/10) sore.
Capaian tersebut merupakan bukti kerja keras seluruh pihak yang terlibat, baik panitia pelaksana, atlet, pelatih, ofisial hingga para orangtua atlet, sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar tanpa kendala berarti.
“Ini juga sesuai yang tertuang dalam visi msi Katingan, yaitu sehat, cerdas dan terbuka. Cerdas dalam hal ini, yakni putra putri Katingan ke depan diharapkan cerdas dalam membaca peluang dimasa yang akan datang,” imbuhnya.
Menurutnya, banyak anak-anak yang berada jauh di daerah pelosok Katingan yang memiliki bakat, kemampuan dan keterampilan dalam berolahraga. Melalui kegiatan gala desa diharapkan, mereka mampu berinteraksi dengan perkembangan jaman dan memanfaatkannya untuk menunjang kesejahteraan.
“Saya berharap kegiatan ini menjadi titik awal semangat gemar berolahraga di Katingan. Seperti kita ketahui bahwa tingkat kebugaran masyarakat Indonesia masih dianggap terlalu rendah,” katanya.
Sebagai wujud peran dan tanggungjawab pemerintah dalam mengembangkan keolahragaan nasional, maka perlu dibuat salah satu model kegiatan yang berbasis perdesaan.
“Kemenpora telah meluncurkan program ayo olahraga melalui gala desa tahun 2017. Kegiatan ini akan bersinergi dengan program milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” jelasnya.
Ketua panitia pelaksana Wahiman menuturkan, acara penutupan kompetisi gala desa 2017 di Katingan dirangkai dengan menyaksikan pertandingan final sepakbola, antara kesebelasan Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing versus Desa Banut Kalanaman Kecamatan Katingan Hilir.
Turnamen olahraga bertajuk Gala Desa, program Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Katingan berjalan sukses.
“Alhamdulillah turnamen Gala Desa yang terdiri dari enam cabang olahraga berjalan lancar dan sesuai rencana,” katanya.
Menurut Wahiman, program ini berdampak secara masif dan mengenal di masyarakat untuk berolahraga aktif baik secara individu atau kelompok.
“Gala Desa mendukung gerakan masyarakat sehat melalui ayo olahraga, dan revolusi mental melalui olahraga serta mendukung pembangunan,” ucap Wahiman.
Tujuan lain, katanya, yaitu menjadikan masyarakat Katingan sehat, bugar dan terciptanya rasa sosial, sportivitas, disiplin dan mental yang tangguh.
“Selain itu juga untuk menggali potensi bibit-bibit olahragawan yang diharapkan bisa berprestasi di tingkat nasional hingga internasional,” pungkasnya. (BS/TOBU)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: