KatinganSlider

KPU Gandeng Parpol Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Ketua KPU Katingan Sapta Tjita

Kasongan,GK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan bakal menggelar gerak jalan dalam rangka mensosialisasi gerakan sadar Pemilu Serentak 2018. Rencananya, agenda itu akan dilaksanakan di Lapangan Gagah Lurus Kasongan, Minggu (29/10) nanti.

Ketua KPU Katingan Sapta Tjita menuturkan, kegiatan tersebut merupakan gagasan KPU pusat dan berlaku secara nasional, terutama di daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2018. Adapun tujuannya, yakni memberikan sosialisasis sekaligus pemahaman akan pentingnya proses kepemiluan.
“Agendanya berupa gerak jalan berhadiah. Kita juga akan mengundang seluruh partai politik dan masyarakat umum untuk terlibat. KPU juga akan membagikan kaos gratis, jumlahnya sekitar 500 lembar,” ungkapnya, Senin (23/10).
Agenda tersebut merupakan gerakan bersama. Sehingga setiap parpol maupun orgabisasi kemasyarakatan dibebaskan untuk menggunakan seragam yang menunjukkan identitasnya masing-masing.
“Harapannya mereka (parpol dan ormas, Red) juga punya peranan untuk meningkatkan jumlah partisipasi maupun kehadiran pemilih. Sehingga pada prosesnya nanti dapat berjalan dengan penuh demokrasi,” imbuhnya.
Sapta Tjita menyebut, berdasarkan hasil data pemilu terakhir atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng, angka partisipasi pemilih di Katingan sendiri masih tergolong rendah.
“Pengguna hak pilih pada saat itu cuma sebanyak 60 persen saja, bahkan trennya cenderung turun. Pada Pilbup Katingan nanti, kami menargetkan angka partisipasi naik menjadi 75 persen. Saya yakin tercapai apabila dilakukan secara bersama-sama masyarakat,” harapnya.
Kegiatan bakal diselingi dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang sayembara maskot Pilbup Katingan tahun 2018.  Pihaknya juga akan membagi-bagikan sejumlah hadiah hiburan atau doorprize kepada pemegang kupon yang beruntung.
“Nanti akan ada hadiahnya, kupon kita bagikan gratis kepada seluruh peserta. Harapannya agar seluruh masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Sedangkan rute gerak jalannya sendiri akan mengelilingi Kota Kasongan sejauh lima kilometer,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: