KatinganSlider

Pilkades Serentak di Katingan Berlangsung Aman Lancar

Kasongan,GK – 14 desa di lima kecamatan se Kabupaten Katingan serentak melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Minggu (22/10) kemarin. Secara umum, pencoblosan yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB berjalan tertib, aman dan lancar. Belum terpantau adanya gejolak di masyarakat, terutama aksi yang berpotensi mengancam stabilitas daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Katingan Kabul Mustiman mengatakan, terciptanya kondusifitas dihari pencoblosan tersebut menggambarkan kedewasaan pandangan politik masyarakatnya saat ini. Dirinya menuturkan, dalam setiap pemilu pasti akan banyak dijejali kepentingan-kepentingan berbagai pihak. Namun semua itu nampaknya bisa disikapi dengan arif dan bijaksana oleh seluruh pihak yang terlibat.
“Padahal Pilkades ini cukup rawan terjadi konflik, tapi pada kenyataan malah berlangsung lancar. Mungkin karena faktor kedekatan, sebab mulai dari pemilih, panitia hingga para calonnya masih terpaut keluarga,” ungkapnya, Senin (23/10).
Menurutnya, sampai saat ini dirinya belum menerima adanya laporan dari berbagai pihak yang menganulir maupun merasa dirugikan atas hasil pemilihan tersebut.
“Selama dua kali melaksanakan Pilkades, angka partisipasi pemilihnya sangat tinggi sekali atau mencapai 80 persen. Menurut saya, inilah pemilu yang sesungguhnya di tingkat desa,” imbuhnya.
Berdasar pantauannya di lapangan, pelaksanaan Pilkades di daerahnya sudah berlangsung secara jujur, bersih dan demokratis. Hal itu dibuktikan dengan mulusnya pelaksanaan Pilkades, baik dari awal tahapan, pencoblosan maupun saat perhitungan suara.
“Azas dari sebuah pemilu itu sudah terpenuhi semuanya. Karena masyarakat memiki kedekatan yang cukup intens dengan kandidat, sehingga muncul kesadaran untuk memilih calon kades yang terbaik bagi desanya,” sebut Kabul.
Pelaksanaan Pilkades kali ini lebih baik dari sebelumnya. Tiap kandidat diberikan ruang dan waktu untuk mensosialisasikan hingga menyampaikan visi misinya kepada masyarakat. Selain itu, animo masyarakat untuk menjadi bakal calon kepala desa juga sangat tinggi dibanding pelaksanaan sebelumnya.
“Jadi masyarakat bisa menilai secara langsung, mana kandidat yang pantas memimpin desanya. Selain itu, animo kaum perempuan untuk menjadi bakal calon kades juga cukup tinggi. Yang pasti ada beberapa nama yang masuk, tapi saya belum tahu apakah mereka terpilih atau tidak,” tukasnya.
Dirinya belum dapat memberikan informasi terkait para calon yang terpilih pada Pilkades tersebut. Pasalnya, data sepenuhnya belum terkumpul. Pihaknya berjanji bakal memberikan informasi itu secepatnya.
“14 desa sudah melakukan perhitungan dan para kandidat juga sudah menandatangani berita acaranya. Akibat kondisi geografis, maka sebagian data resmi belum sampai ke tangan kita. Karena lokasi 14 desa ini berpencar saling berjauhan,” pungkas Kabul Mustiman. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: