Gunung Mas

Dinsos Bantu Mesin Pencetak Batako Kepada Karang Taruna

GUNUNG MAS, LENSAKALTENG.COM – Dalam upaya membantu pengembangan ekonomi kreatif masyarakat, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunung Mas menyerahkan bantuan satu paket Mesin Pencetak Batako kepada Karang Taruna Desa Tumbang Miwan, Kecamatan Kurun.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di halaman Kantor Dinsos setempat, Selasa (2/10/2018).

Kepala Dinsos Kabupaten Gumas Budhy mengatakan dengan pemberian bantuan ini, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh Karang Taruna.

“Jangan sampai hanya menjadi besi tua,” tegas didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial Yuritae,

Budhy menambahkan, bantuan mesin pencetak batako yang diserahkan tersebut, terdiri dari mesin pencetak, mesin penggerak, sekop, gerobak dorong atau arko, semen, cangkul, serta molen atau mesin pengaduk.

”Bantuan yang kita berikan ini murni berasal dari anggaran Dinsos Gumas pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018,” tuturnya.

Di tahun 2018 ini, kata dia, pihaknya fokus pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengembangkan usaha produktif di masing-masing Karang Taruna tingkat desa, sehingga mampu menjadi motor penggerak dalam meningkatkan ekonomi.

”Memang ini sudah menjadi prioritas kita, sebagai upaya untuk pengembangan ekonomi kreatif, khususnya bagi para pemuda yang berada di desa,” terangnya.

Saat ini, tambah dia, usaha pembuatan batako cukup potensial untuk dikembangkan. Hal tersebut mengingat tingginya pertumbuhan perumahan atau pembangunan di sejumlah desa.

Disamping menciptakan wirausaha baru, usaha pembuatan batako ini juga akan membuka lapangan kerja baru, dan menekan angka pengangguran bagi warga desa, terangya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: