HeadlineKalimantan TengahPalangka Raya

Kalteng Donasikan Rp19,1 Miliar Untuk Palu, Sigi dan Donggala

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Pemerintah Provinsi Kalteng berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp19,1 Miliar dalam waktu yang singkat, dana yang terkumpul tersebut akan didonasikan kepada para korba gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala (Provinsi Sulawesi Tengah).

Sumbangan sebesar Rp19,1 Miliar ini terkumpul pada acara HUT TNI ke-73 yang digelar jajaran Korem 102/Panju Panjung di halaman Mapolda Kalteng, Jumat (5/10/2018).

Penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng ini, dipimpin langsung Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran. Para donator yang memberikan antara lain, Pemprov Kalteng berkoordinasi dengan DPRD setempat menyumbang Rp2 Miliar, dana pribadi keluarga besar H Sugianto Sabran Rp1 Miliar, gabungan Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng Rp7 Miliar, Danrem 102/Pjg, Kol Inf Harnoto Rp 100 juta, gabungan pengusaha pertambangan se-Kalteng Rp 7,5 Miliar, dan donatur-donatur lainnya.

Donasi akan diserahkan ke para korban bencana di Palu, Donggala, dan Sigi oleh tim Polda Kalteng yang hari ini, Jumat (5/10/2018) diberangkatkan ke Palu (Sulawesi Tengah).

Tim Polda di bawah koordinasi langsung Kapolda Irjen Pol H Anang Revandoko bertolak ke Sulawesi Tengah dengan membawa bantuan lain. Di antaranya 4 unit mobil untuk mobilisasi, para personel penangan bencana, dokter umum dan spesialis, logistik makanan, pakaian, selimut, pembalut, popok, dan lainnya.

Jika peringatan-peringatan HUT TNI sebelumnya di Ibukota Provinsi Kalteng, Palangka Raya, selalu dilaksanakan di Makorem 102/Pjg, pada HUTnya ke-73 kali ini, justru digelar di halaman Mapolda Kalteng. Hal ini sebagai bentuk sinergitas TNI – Polri dalam menjalankan tugas pengamanan bangsa dan negara.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Polda Kalteng yang telah membantu memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto.

Danrem juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kepolisian atas sinergitas dengan para prajurit TNI dalam mengemban berbagai tugas negara, termasuk di wilayah Bumi Tambun Bungai.

“Terimakasih pula kepada forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di seluruh wilayah Kalteng yang turut membantu sukses pelaksanaan tugas prajurit Korem 102/Pjg hingga saat ini,” ucap Danrem Harnoto.

Sementara Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, yang menjadi inspektur upacara, saat membacakan amanat Panglima TNI mengatakan, TNI bersama komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu meringankan beban derita korban bencana alam.

TNI pun telah mengerahkan personel dan alutsistanya, termasuk untuk memulihkan sarana prasarana secara bertahap.

“Profesionalisme TNI ditunjukkan selain menjalankan tugas pokok dalam menjaga kedaulatan dari segala bentuk ancaman dan gangguan. TNI juga berperan dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda,” tulis panglima.

Upacara dihadiri Kapolda Kalteng, Irjen Pol H Anang Revandoko, para kepala daerah kabupaten/kota se-Kalteng, jajaran dinas/instansi Pemerintah Provinsi, Ketua DAD Kalteng, H Agustiar Sabran, para tokoh masyarakat, agama, pemuda dan lain-lain ini, disemarakkan dengan pentas seni budaya Kalteng, simulasi penanggulangan terorisme, terjun payung personel TNI – Polri. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: