Palangka Raya

Transparan dan Akuntabilitas, Kunci Utama Keberhasilan pelayanan Publik

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin, kembali mendengungkan pentingnya upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

Dengan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabilitas, menjadi kunci utama keberhasilan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat, ungkap Fairid, saat berbicara pada kegiatan Indonesian Association for Public Administration (IAPA) Annual Conference di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut kata Walikota termuda ini, untuk Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini, pelayanan publik kepada masyarakat menjadi salah satu fokus perhatian dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Maka itu, pelayanan publik menjadi bagian dari visi dan misi kami memimpin Kota Palangka Raya, ungkapnya dihadapan peserta IAPA Annual Conference.

Saat ini terus berkembang isu-isu strategis yang berpengaruh pula pada konteks pelayanan publik. Terlebih peran era digital serta online, yang membuat pelayanan terpaksa harus menyesuaikan dengan kemajuan tersebut.

Hanya saja disayangkan, pelayanan yang dilakukan dengan mengikuti era kekikinan tersebut, tidak sedikit membuat pelayanan menjadi tidak optimal dilaksanakan.

“Maka itu, saya ingin pelayanan publik juga menganut Sistem One Year One Inovation. Artinya tidaklah perlu banyak-banyak mengeluarkan inovasi kalau hasilnya tidak optimal. Namun baiknya mengedepankan inovasi yang dirasa sangat efektif, namun tetap mengutamakan transparansi dan akuntabilitas,” cetusnya.

Dalam bagian lain Fairid berharap kepada pihak-pihak terkait, terutama kalangan akademisi maupun praktisi yang bergelut dalam keilmuan ataupun menguasai studi tentang administrasi negara maupun yang menyentuh dengan disiplin ilmu pengetahuan tentang pelayanan, maka bisa memberikan kontribusi terhadap tata kelola pelayanan bagi pemerintahan.

“Saya berharap ilmu yang terkait dengan pelayanan publik ini bisa ditularkan bagi instansi pemerintah kota Palangka Raya,” pintanya.

Kedepan tambah Fairid, pelayanan publik bisa menjadi dasar dari terciptanya tata kelola pemerintahan yang lebih baik lagi dimata masyarakat. Pihaknya pun akan berupaya memaksimalkan lagi beragam pelayanan yang bermuara akhir pada kesejahteraan masyarakat. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: