Palangka Raya

Fairid : Palangka Raya Siap Sambut Pemindahan Ibukota Pemerintahan

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM –
Menyusul mencuatnya kembali pembicaraan seputar wacana pemindahan ibukota negara khususnya Ibukota Pemerintahan, dimana Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, menjadi salah satu alternatif yang dikaji pihak pemerintah pusat sebagai daerah untuk menggantikan Jakarta.

Walikota Palangka Raya yang baru, Fairid Nafarin mengatakan kesiapan kotanya bila nantinya benar-benar menjadi pilihan sebagai Ibukota Pemerintahan. “Saya katakan Palangka Raya siap, masyarakatnya pun welcome. Terlebih dari awal wacana ini dilontarkan pemerintah pusat,” tegas Fairid, Kamis (11/10/2018).

Menurut Fairid, sebagai Ibukota di Provinsi Kalimantan Tengah, tentu Pemerintah Kota Palangka Raya memiliki hal yang sama bila bicara kesiapan menyikapi wacanan pemindahan ibukota tersebut.

Terlebih Pemprov Kalteng sendiri secara tegas menyatakan kesiapan akan hal tersebut.

“Pemko Palangka Raya tentu akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemrov Kalteng, bila bicara soal wacan pemindahan ibukota ini,” tambahnya lagi.

Kata Fairid, secara geografis, tentu Kota Palangka Raya sudah memiliki kesiapan itu. Dengan wilayah yang lebih luas tentu menjadi modal kuat sebagai ibukota negara. Begitupula dari sudut pandang yang lainnya. Sebut saja wilayahnya tidak rentan terkena bencana, gempa, longsor dan lain sebagainya.

“Perlu diingat, pemindahan Ibukota Pemerintahan ini juga sejalan dengan cita-cita Bung Karno yang jauh sebelumnya telah melontarkan wacana pemindahan Ibukota ke Kota palangka Raya.

Fairid pun berkeyakinan, bila wacana pemindahan ibukota ini jadi dilakukan, maka dari sudut pandang stabilitas ekonomi, sosial dan budaya tidak akan terganggu. Sterlebih masyarakat Palangka Raya dan Kalteng pada umunya memiliki kesiapan dan mendukung.

“Ibarat kata segala kewilayahan dan masyarakat telah siap, tinggal bagaimana kemampuan pemerintah pusat dalam mendukung pemerintah daerah guna mewujudkan wacana pemeindahan ibukota tersebut. dalam beragam indikator kesiapan,” pungkasnya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: