HeadlineKalimantan Tengah

Daging Ayam Beku Rp.34 Ribu/Kg Bisa Dibeli di 10 RPK Ini

Daging Ayam Beku Rp.34 Ribu/Kg Bisa Dibeli di 10 RPK Ini

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Sebanyak 10 (sepuluh) Rumah Pangan Kita (RPK) yang disediakan pemerintah dalam hal ini Bulog Divre Kalteng, kini siap melayani kebutuhan masyarakat akan daging ayam ras, khususnya dalam menghadapi hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

Wakil Ketua Pimpinan Utama, Tim Pengendalian Inflasi (TPID) Provinsi Kalteng, Wuryanto mengatakan tim TPID Provinsi Kalimantan Tengah berupaya melakukan terobosan dan koordinasi yang intensif dalam rangka menjaga kestabilan harga bahan pangan, salah satunya komoditas Daging Ayam Ras.

Sebagai respon atas fluktuasi harga daging ayam ras di Kalimantan Tengah yang salah satunya didorong masih tingginya ketergantungan konsumsi masyarakat Kalteng terhadap jenis daging ayam segar, maka TPID Provinsi membuat program inovasi berupa pembentukan supply chain daging ayam segar beku sebagai alternatif konsumsi daging ayam segar masyarakat Kalimantan Tengah.

Program inovasi ini diawali dengan dilaksanakannya High Level Meeting Terbatas pada tanggal 29 Agustus 2018 yang merekomendasikan BI, Bulog dan SKPD terkait untuk membentuk mekanisme supply chain daging ayam segar beku, sebagai alternatif konsumsi masyarakat Kalimantan Tengah.

“Dimana daging ayam segar beku ini dipasok oleh Peternak Lokal dengan memperhatikan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) dan didistribusikan melalui jaringan Rumah Pangan Kita yang dikelola oleh Bulog Divre Kalimantan Tengah,” ujar Wuryanto yang juga sekaligus sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalteng.

Menurutnya, Adapun peran Bank Indonesia adalah sebagai inisiator program tersebut sekaligus memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia 10 (sepuluh) buah freezer sebagai pilot project pemasaran di 10 jaringan RPK di kota Palangka Raya.

Saat ini, lanjut Wuryanto daging ayam segar beku sudah dapat diakses masyarakat Kalimantan Tengah dengan mudah dengan harga maksimal Rp34.000/kg, atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Daging Ayam sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No.96/2018.

Masyarakat dapat membeli daging ayam segar beku tersebut di jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) milik Bulog dengan alamat sebagai berikut:
RPK Asri Sayur, Jl. Rajawali KM.6, RPK Mama Fadil, Jl. Sangga Buana I No.02
RPK Nor Sayur, Jl. Basir Jahan I Sabaru. RPK Esther, Jl. Pinguin Raya No.04, RPK Qurnia, Jl. Mahir Mahar No.309, Kalampangan RPK MaQilza, Jl. G. Obos No.107, RPK Rino, Jl. Raden Saleh, Menteng Kantor Bulog Divre Kalteng, Jl. RTA Milono KM.3
Pasar Rakyat Kita Bulog, Jl.Halmahera

“Selain itu dalam rangka mengantisipasi lonjakan permintaan bahan pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, daging ayam segar beku juga dapat diakses pada kegiatan Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalimantan Tengah dengan lokasi dan jadwal sebagai berikut, Area Gereja Kalawa, Desa Petuk Ketimpun (6 Desember 2018)
Area Gereja Berkat Asi, Desa Sei Gohong KM.38 (8 Desember 2018)
Area Gereja GPDI, Jl. Putri Sinta, Kelurahan Banturung (10 Desember 2018) Area Gereja Effata, Kel. Tangkiling (11 Desember 2018), terngnya.

Menurutnya, TPID Provinsi Kalimantan Tengah menghimbau masyarakat untuk memulai Ayo Konsumsi Daging Ayam Segar Beku, karena lebih higienis dan dapat dengan mudah dibeli pada lokasi penjualan di atas.

Semakin terjangkaunya harga dan kemudahan akses pembelian daging ayam segar beku ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga komoditas daging ayam ras di Kalimantan Tengah.

Ke depan, program serupa akan direplika implementasinya di kota-kota lain di Kalimantan Tengah terutama di Kota Sampit sebagai Kota Sampel Inflasi Kalimantan Tengah. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: