DPRD Kota Palangka RayaHeadlinePalangka Raya

Jalankan Protokol Kesehatan Langkah Utama Antisipasi Kemunculan Klaster Perkantoran

FOTO: Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan, saat dibincangi awak media.

LENSAKALTENG.com,PALANGKA RAYA – Perkantoran bisa jadi menjadi episentrum baru untuk penyebaran virus corona. Terlebih pasca kembali beraktivitasnya para abdi negara, membuat pesebaran dan penularan covid-19 dilingkungan kerja dan perkantoran kian masif.

Hal tersebut juga mulai dirasakan pada perkantoran dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. Terutama dilingkup OPD yang mencakup dinas maupun badan. Terlebih yang tupoksinya di bidang pelayanan kepada masyarakat.

“Agar tidak terjadi klaster perkantoran, maka setiap OPD hendaknya berinisiatif melaksanakan rapid/swab test. Nah, ini kami lakukan dan jalankan itu,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, pentingnya melakukan rapid/swab test tidak lain untuk memastikan semua personel maupun pegawai di lingkungan kantor terbebas dari penularan covid-19.

“Sudah dua gelombang pelaksanaan tes swab untuk semua personil Dishub dilakukan. Terakhir dilaksanakan di Asrama Haji, jalan G obos Palangka Raya,” Kata Alman menambahkan.

Disadari lanjut dia, dalam akhir-akhir ini muncul klaster baru dengan sebutan klaster perkantoran. Bagi Dishub Kota Palangka Raya kondisi tersebut cepat disikapi, mengingat di masa merebaknya pandemi covid-19, personil Dishub sangat maksimal dalam menjalankan tugas menekan penyebaran covid-19 di lapangan.

Sementara di tanya upaya lain pencegahan yang dilakukan agar lingkungan kantor dishub terhindar atau tidak menjadi klaster perkantoran dalam penyebaran covid-19, maka menurut Alman, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Protokol kesehatan ketat ungkap dia, selain berlaku bagi personil atau pegawai dishub, juga berlaku bagi masyarakat yang tengah melakukan pengurusan dalam berbagai hal.

“Contohnya, saat melakukan rapat internal, maka kami melakukan diruang terbuka, dengan kapasitas terbatas. Termasuk kami lakukan dengan sistem via daring. Ini bagian yang harus kami lakukan seiring adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan new normal,” Timpalnya.

Alaman menambahkan, selain itu dirinya juga telah menginstruksikan kepada seluruh personel, agar dimana pun dan kapanpun juga, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19.

Seperti, selalu menggunakan masker atau kapan perlu menggunakan ‘Face Shield’ saat berada di luar rumah, atau sedang berada di dalam kantor. Tetap menjaga jarak dan menjauhkan diri dari kerumunan.

Selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun, pada air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Hal ini, diharapkan untuk menjaga diri dari penularan pandemi COVID-19. (YS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: