Ketua DPRD Kota Minta Pemkot Pulihkan Sektor UMKM dan Pariwisata

LENSAKALTENG.com  -  PALANGKARAYA - Dampak Pendemi Covid-19 sangat mempengaruhi disegala sektor, baik sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Meski Telah Vaksinasi Covid-19, Warga Diminta Tetap Disiplin Patuhi Prokes
Berharap Warganya Disiplin Jalankan Prokes
Pemko Palangka Raya Gencarkan Program Penghijauan

FOTO : Sigit K Yulianto,Ketua DPRD Kota Palangka Raya.

LENSAKALTENG.com  –  PALANGKARAYA – Dampak Pendemi Covid-19 sangat mempengaruhi disegala sektor, baik sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga Sektor Pariwisata yang mana sejauh ini menjadi bagian yang cukup terdampak bagi seluruh masyarakat.

Sigit K Yulianto selaku Ketua DPRD Kota Palangkaraya mengatakan bahwa pemerintah kota harus memperhatikan sektor tersebut supaya perekonomian masyarakat kembali lancar.

“Intinya Pemko Palangka Raya melalui instansi terkaitnya dapat mempersiapkan kembali berbagai program pemulihan, pada sektor pariwisata dan UMKM tersebut, yang sejauh ini terdampak pandemi,”ujarnya, Minggu (19/9/2021).

Terkait Anggaran, Sigit juga menyampaikan agar disiapkan ditahun Anggaran APBD 2022 secara bertahap, mengingat kedua sektor tersebut sangat mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi secara luas.

“Karenanya, manakala kedua sektor tersebut terdampak Covid-19, maka harus ada upaya membantu memulihkannya. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi kembali bangkit,” sambung Sigit.

Terlepas dari itu, politikus PDI perjuangan ini menyampaikan perlu ada strategi khusus dalam pemulihan ekonomi secara menyeluruh. Namun begitu tetap diimbangi dengan upaya mencegah penyebaran virus secara masif.

“Banyak juga yang harus dibenah dengan kondisi pendemi seperti ini, bukan hanya pemulihan ekonomi masyarakat, tapi perlu juga strategi mencegah penyebaran virus ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan agar masyarakat bisa melakukan Aktivitas normal seperti biasa,” pinta Sigit.

Sigit juga menekankan, untuk sektor pariwisata dan sektor UMKM maka yang pertama yaitu pengembangan produk pariwisata, pengembangan destinasi wisata, pengembangan sumber daya manusia pariwisata, pengembangan kelembagaan pariwisata, dan pengelolaan infrastruktur pariwisata.

Sedangkan untuk pelaku usaha atau UMKM, diharapkan, pemerintah dapat melakukan pendampingan kepada pelaku usaha. Seperti pemberian insentif perpajakan, relaksasi dan restrukturisasi kredit, perluasan pembiayaan modal kerja, product support, dan pelatihan e-learning.

Penulis : Maradona

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: