Anyaman Purun Jadi  Daya Saing

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Untuk meningkatkan daya saing dan inovasi produk kerajinan anyaman purun, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pro

Musrenbang Diharapkan Hasilkan Program Prioritas
Infeksi Capaian Kinerja, Jamwas Kejagung Kunjungi Kejati Kalteng
164 Pejabat Administrator Kalteng Resmi Dilantik

FOTO : Kepala Dinas Disdagperin, Aster Bonawaty saat sesi foto bersama peserta.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Untuk meningkatkan daya saing dan inovasi produk kerajinan anyaman purun, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi  Kalimantan Tengah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di Aula Disdagperin Prov. Kalteng, Minggu (2/10/202).

Bimtek tersebut bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng untuk memberikan pembinaan dan pendampingan untuk Industri Kecil Menengah (IKM) yang dimulai sejak tanggal 1 sampai 4 Oktober 2022 mendatang.

“Ada sebanyak 15 peserta dari Kota Palangka Raya, dan pelatihnya kita datangkan dari Pusat Anyaman Indonesia Yogjakarta,” ucapnya Kepala Dinas Disdagperin Provinsi Kalteng, Aster Bonawaty.

Aster menjelaskan para peserta yang sudah dilatih akan dibentuk kelompok dan pihaknya akan terus mendampingi sampai para peserta bisa membuat satu produk yang mempunyai daya jual atau nilai ekonomis.

“Harapannya selain untuk melestarikan kearifan lokal khususnya purun, kita juga akan gali semua yang merupakan potensi daerah Kalteng,” pintanya.

Sementara itu, Siswanto selaku instruktur dari Pusat Anyaman Indonesia Yogjakarta mengakui purun yang ada di Kalteng sangatlah bagus. Namun, harus dibuat produk yang inovatif lagi agar produk purun Kalteng ini bisa dikenal di provinsi lainnya.

“Saya mengajari bagaimana cara membuat Home Decor dan juga souvenir dari bahan purun ini,” tutupnya. (d0n/mmc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: