Intruksi Presiden, Gubernur Buka Pasar Penyeimbang

LENSAKALTENG.com - KUALA KAPUAS – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran membuka pasar murah dan pasar penyeimbang di Stadion Pananjung Taru

Mahasiswa UPR Dapat Bantuan Sembako, Dua Orang Ini Donaturnya
200 Personil Gabungan Amankan Logistik Pemilu di Palangka Raya
Bupati dan Kapolres Barsel Apresiasi Kesiapan Desa Mabuan

FOTO : Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menyerahkan BLT secara simbolis kepada Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S. Bahat.

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran membuka pasar murah dan pasar penyeimbang di Stadion Pananjung Tarung Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Selasa (11/10/2022).

Sugianto  mengatakan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Kapuas kali ini dalam rangka penanganan inflasi di Kalimantan Tengah, dan merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo kepada Gubernur seluruh Indonesia.

“Inflasi ini sangat penting ditangani oleh bupati/wali kota se-Kalteng agar angka inflasi di Kalimantan Tengah jangan sampai berada di nomor satu dari 37 provinsi di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya Pasar Penyeimbang ini bisa menekan angka inflasi dan tentunya diharapkan mampu mengurangi beban masyarakat,” ucapnya.

Sugianto mengimbau agar masyarakat Kabupaten Kapuas memanfaatkan pakarangannya masing-masing untuk ditanami sayur mayur seperti cabai, tomat, pare, dan timun.

“Di masa sulit seperti ini, manfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman jangka pendek yang setidaknya mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pola hidup konsumtif harus dirubah menjadi kreatif dan inovatif,” imbuhnya.

Pada saat yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo menyampaikan dalam keadaan inflasi saat ini, Pemprov. Kalteng tetap hadir untuk membantu masyarakat melalui Pasar Penyeimbang.

“Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bahwa ketersediaan pangan itu ada di tengah masyarakat kita. Kami berharap masyarakat benar-benar merasakan bagaimana kebutuhan pangan ini bisa terdistribusi dengan baik,” ungkapnya.

Usai membuka Pasar Penyeimbang, Gubernur Sugianto menjelaskan bahwa di tahun 2023 diprediksi akan ada beberapa negara yang resesi dan pergerakan ekonomi pun akan melambat.

“Kami harapkan Kalimantan Tengah tidak terus menerus menjadi konsumen, karena selama ini kita menjadi konsumen dari saudara kita Provinsi Kalimantan Selatan. Kita juga harus bisa menjadi produsen yang mengirimkan bahan pangan ke Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan BLT Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp. 559.800.000 kepada nelayan pembudidaya ikan dan pengolah ikan Kabupaten Kapuas.

Sebagai informasi, dalam Pasar Penyeimbang di Kabupaten Kapuas ini disediakan 10 ribu paket bahan pokok, dimana di Stadion Panunjung Tarung disediakan 6000 paket, di Kantor Kecamatan Kapuas Timur sebanyak 2000 paket, dan 2000 paket didistribusikan ke beberapa tempat.

Adapun paket berisikan beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram dan minyak goreng dua liter dengan nilai 150 ribu rupiah. Namun Pemprov. Kalteng memberikan subsidi sebesar 100 ribu rupiah per paket, dan anggota DPR RI Dapil Kalteng, H. Agustiar Sabran selanjutnya memberikan subsidi 50 ribu rupiah per paket, sehingga warga setempat memperoleh paket sembako secara gratis.

Wargapun menyambut dengan gembira atas digratiskannya seluruh paket tersebut, dan mengucapkan terima kasih atas bantuan Gubernur Kalimantan Tengah dan dukungan penuh dari anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran.

“Terima kasih Bapak Gubernur dan Bapak Agustiar Sabran, semoga hal ini menjadi ibadah bagi bapak berdua, dan Berkah bagi kami warga Kapuas,” ucap Yansi salah satu warga Kapuas.

Sebagaimana diketahui Pasar Penyeimbang di Kapuas, bagian dari upaya mengendalikan inflasi serta manjaga daya beli masyarakat di saat inflasi dan kenaikan BBM. Pasar Penyeimbang serupa telah dilaksanakan sebelumnya di Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Kabupaten Sukamara beberapa waktu lalu. Sesuai arahan Gubernur Kalimantan Tengah, bahwa kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, agar melaksanakan Pasar Penyeimbang secara rutin dan berkala, agar dapat mengurangi beban masyarakat. (d0n/mmc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: