Panwaslu Harus Sosialisasikan Aturan Pemilu

LENSAKALTENG.com - BUNTOK - Pengawas pemilu kecamatan (panwascam) di daerah s harus menyosialisasikan aturan pemilu kepada masyarakat setempat.

Pemkab dan DPRD Barsel Musti Sinergi Terkait Semua Rencana Kegiatan
Kades Bersama BPD Perlu Perkuat Sinergitas
Raden Sudarto: Masih Ada Perda Belum Dijalankan

Foto : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Selatan, Ir. H. Farid Yusran.

LENSAKALTENG.com – BUNTOK – Pengawas pemilu kecamatan (panwascam) di daerah s
harus menyosialisasikan aturan pemilu kepada masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Selatan,
Ir. H. Farid Yusran, Senin (31/10/2022).

Farid mengatakan, panwaslu harus menjelaskan aturan-aturan mengenai pemilu, karena terkadang masyarakat lupa atau bahkan ada yang belum mengetahui aturan itu.

“Masyarakat harus diingatkan, dan panwaslu kecamatan dapat membantu mengingatkan mengenai kepada masyarakat, karena panwaslu ini diibaratkan dalam olahraga adalah wasit dan tentunyamereka mengetahui mengenai aturannya,” ucap Farid.

Dia juga menyampaikan selamat kepada 18 anggota panwaslu kecamatan yang telah dilantik Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barsel.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Barito Selatan Nur Chambyah mengatakan, 18 orang panwaslu yang dilantik tersebut merupakan panitia pengawas di enam kecamatan di daerah ini. Dia meminta kepada panwaslu kecamatan yang telah dilantik bisa mengawal proses pemilu nantinya secara adil sesuai Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Mereka diharapkan bisa bekerja sesuai undang-undang tersebut,” pinta Nur.

Menurutnya, tugas panwaslu bukan hanya pengawasan, tapi juga pencegahan, penindakan dan proses sengketa cepat. “Kalaudulu, tidak ada proses sengketa di tingkat kecamatan. Tetapi sekarang, mereka diberi kewenangan untuk proses sengketa cepat,” terangnya.

Dia menegaskan, semua anggota panwaslu harus bersih dari kepengurusan dan anggota partai politik maupun tim kampanye gubernur dan wakil gubernur.

Sejauh ini, walaupun ada laporan masyarakat, namun pihaknya telah melakukan verifikasi namanya pada surat keputusan partai politik dari tahun 2018 hingga pilkada gubernur. (mr/red/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: