Perkuat Sinergitas, Kalteng Gelar Raker APEKSI

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo membuka Rapat kerja

Demi Program Vaksinasi, Dishub Layani Antar Jemput Warga
Wahyudinnoor : Jangan Ganti Jadwal Pasar Ampah
Disnakertrans Gelar Pelatihan Tata Rias

FOTO : Anggota APEKSI saat foto bersama.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo membuka Rapat kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan di Ballroom Swiss-Belhotel Danum, Kota Palangka Raya, Kamis (20/10/2022).

Raker yang mengusung tema “Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kunci Sukses Pembangunan dan Pelayanan Publik”.

“Melalui Raker ini dapat dibahas terkait penguatan koordinasi dan sinergi antar Pemerintah kota dengan pusat, untuk mewujudkan tujuan bersama dalam upaya pemulihan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,” ucap Edy.

Wagub berharap kepada setiap anggota APEKSI Regional Kalimantan agar dapat melakukan kerja sama antar daerah dalam penanganan isu-isu strategis seperti inflasi, peningkatan ekonomi dan pariwisata, serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat. Menanggapi isu global yang berkembang saat ini, Wagub menilai percepatan pembangunan seperti Smart City melalui peningkatan kualitas SDM yang melek teknologi merupakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan daerah.

“Untuk menciptakan kemandirian daerah langkah ke depan yang harus dibangun bukan hanya menciptakan Smart City, tetapi juga menjadikan kota di Regional Kalimantan menjadi kota yang memiliki ketahanan pangan melalui gerakan tanam dan pemanfaatan lahan-lahan produktif di sekitar rumah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyatakan kegiatan ini merupakan agenda dari penjabaran lebih lanjut Program Kerja Komwil V APEKSI Regional Kalimantan.

“Rapat kerja Komisariat Wilayah ini sekaligus merupakan salah satu upaya untuk melakukan evaluasi dan kajian secara mendalam terhadap berbagai isu-isu strategis yang berkembang terutama dalam rangka memantapkan pelaksanaan otonomi daerah dengan segala dinamikanya,” ungkapnya.

Ketua Komwil V APEKSI yang juga Wali Kota Tarakan, H. Khairul menambahkan kegiatan diharapkan bisa menjadi bagian untuk mewujudkan sinergisitas dan kolaborasi antar kota khususnya di Kalimantan.

“Sudah saatnya kita tidak bersaing antar kota, tetapi saling mendukung dan bersinergi untuk sama-sama maju,” bebernya.

Sementara, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam  menyebut upaya-upaya advokasi ke pusat ini tidak hanya bentuk sosialisasi kebijakan pusat APEKSI ini saja, tetapi harus menjadi rekomendasi kebijakan pusat. (d0n/mmc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: