Persiapan Pileg, Pendataan Warga Segera Dilakukan

LENSAKALTENG.com - BUNTOK - Ketua Komisi l DPRD Barsel, Jarliansyah meminta untuk pendataan dan penghitungan jumlah penduduk dilakukan Dinas Kepen

Perlu Kaji Ulang Raperda Prokes
Tiga Reperda Tuntas Dibahas
DPRD Barsel Bakal Konsultasikan Terkait UU Hubungan Keuangan Antara Pusat dan Daerah.

FOTO : Ketua Komisi l DPRD Barsel, Jarliansyah.

LENSAKALTENG.com – BUNTOK – Ketua Komisi l DPRD Barsel, Jarliansyah meminta untuk pendataan dan penghitungan jumlah penduduk dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Dia mengatakan untuk urusan tersebut harus dilibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) harus dilibatkan, mengingat RT dan RW dinilai lebih paham dan mengetahui jumlah warganya masing-masing.

“Biasanya Ketua RT dan RW mengetahui mana saja warganya yang meninggal, melahirkan, pindah ataupun datang,” ucap Jarliansyah, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya, data jumlah penduduk sangat penting, karena akan berpengaruh pada jumlah data pemilih dan pembagian kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Pemilu.

Ia menambahkan, dengan melibatkan Ketua RT dan RW, maka jumlah penduduk lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk itu, pendataan dan perhitungan jumlah penduduk harus dilakukan secara hati-hati dengan melibatkan RT dan RW. Keakuratan data jumlah penduduk juga akan digunakan untuk pengambilan kebijakan pemerintah, khususnya dalam perencanaan pembangunan masyarakat, sehingga program bisa tepat sasaran,” pungkasnya. (m4r/tmp)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: