Hari Ikan Nasional Resmi Digelar

LENSAKALTENG.com - Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menggelar Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 tahun 2022 dengan Tema Ikan m

Puluhan Bangunan Barak Dan Kios Pasar Besar Palangka Raya Dilalap Si Jago Merah
‘Perintah’ Pengosongan Asrama Mahasiswa Putra Kalteng di Jogyakarta, Disesalkan
Peduli Warga Terdampak Banjir, Kejati Kalteng Salurkan Bantuan

Foto : Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono.

LENSAKALTENG.com – Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menggelar Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 tahun 2022 dengan Tema Ikan menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul, di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (21/11/2022).

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono  mengatakan melalui momentum Harkannas ini bisa mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mengonsumsi ikan.

“Dengan peringatan Harkannas ke-9 tahun 2022 ini, kita terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama, guna mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa. Terlebih Indonesia sebagai negara maritim, sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional,” ucapnya.

Trenggono berharap peringatan Harkannas ke-9 di Parigi Moutong ini bisa menjadi stimulus bagi daerah lain dalam membangun ketahanan pangan berbasis hasil perikanan. “Dukungan Kabupaten Parigi Moutong dalam gelaran Harkannas tahun ini diharapkan menjadi tolok ukur baru dalam pelaksanaan Harkannas di tahun berikutnya. Setiap daerah berpeluang menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Ikan Nasional untuk memasyarakatkan makan ikan dan memberikan efek pengganda menggerakkan sektor-sektor ekonomi bidang kelautan dan perikanan dan bidang pendukung lainnya di daerah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kalteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan lomba fotografi tingkat nasional.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng H. Darliansjah menyelenggarakan lomba fotografi dan sekaligus mengumumkan hasil nominasi pemenang tersebut secara virtual, Jumat (18/11/2022) lalu

Dari 18 foto terbaik tersebut, ditetapkan pemenang sebanyak tiga foto pada Lomba Fotografi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan enam foto pada Lomba Fotografi Tingkat Nasional. Para pemenang lomba foto diumumkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada acara puncak peringatan Harkannas.

Selain lomba foto, rangkaian kegiatan peringatan Harkannas terdiri dari seminar, lokakarya, lomba logo GEMARIKAN, pameran produk 52 UMKM perikanan dari 34 Provinsi, lomba dan demo masak ikan, lomba melukis anak-anak dan makan ikan bersama. Sedangkan puncak peringatan Harkannas diisi dengan beragam rangkaian acara di Pantai Mosing, diantaranya panen udang vaname, tanam mangrove, bersih pantai, parade paralayang, parade perahu nelayan, penyerahan hadiah pemenang lomba dan peluncuran logo baru GEMARIKAN.

Sebagaimana diketahui, lomba fotografi tingkat nasional dalam rangka Harkannnas ke-9 ini diinisiasi oleh Pemprov. Kalteng bersinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran terhadap peningkatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan Kalteng. Dalam berbagai kesempatan Gubernur turut menggelorakan semangat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan potensi kelautan dan perikanan di daerah, terutama di Kalteng.
Para pemenang Lomba Fotografi dalam rangka Harkannnas Ke-9 Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Lomba Fotografi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Pemenang 1 : Marifka Wahyu Hidayat; Pemenang 2 Abdul Rahman; Pemenang 3 : Niin.

Sedangkan Lomba Fotografi Tingkat Nasional: Pemenang 1 Albertus Adi Setyo Nugroho (Jawa Tengah); Pemenang 2 Irwansyah Putra (Nanggroe Aceh Darussalam); Pemenang 3 Triana Dewi Akikah (Kalimantan Tengah); Harapan 1 Sofyan Efendi (Jawa Barat); Harapan 2 Roberto C Letsoin (Yogyakarta); Harapan 3 Hidayat Turrahman (Kalimantan Tengah). (mmc/d0n)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: