Palangka RayaSlider

350 Perempuan Ikuti Deteksi Kanker Serviks Kejati Kalteng

Palangka Raya, GK – Sebanyak kurang lebih 350 perempuan ikut dalam pemeriksaan dan deteksi dini kanker leher rahim yang digelar oleh Kejaksaan Tinggi Kalteng, Kamis (12/10/2017). Peserta yang sebagian besar datang dari kalangan ibu rumah tangga atau IRT ini terlihat antusias mengikuti deteksi kanker serviks menggunakan metode IVA. Selain menggelar deteksi kanker servis gratis, panitia yang terdiri dari unsur Kejati dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini juga memberikan bonus berupa sembako gratis.

Kepada sejumlah wartawan, Wakil Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejati Kalteng Norma Andi Herman berharap, dengan adanya deteksi dini di kejaksaan,  masyarakat tergerak hatinya untuk memeriksakan kesehatannya. Deteksi dan tes dengan metode IVA tidak sedikitpun menakutkan . Justru dengan pemeriksaan ini, dapat membangun dan menggugah kesadaran warga masyarakat Kalteng untuk peduli kesehatan. Terkhusus untuk lebih mau peduli terhadap pemeriksaan leher rahim dengan Tes IVA.

Peserta yang digalang ini, jelas Norma, sebagian berasal dari Majelis Taklim,  Anggota IAD, pengajian dan warga Kalimantan Tengah. Panitia , imbuhnya menggalang peserta dalam sebulan terakhir baik melalui pengumuman dan ajang Car Free Day.

“Sembako yang dibagi panitia, berasal dari inistiatif untuk memancing minat dan niat perempuan dan warga masyarakat mengikuti tes IVA ini. Kami , panitia juga menggalang kerjasama dengan pihak Dinkes Provinsi, BPJS Kesehatan, Puskemas dan RS Dorris Sylvanus”, jelasnya.

Lebih jauh dari pengamatan GK , kegiatan deteksi dini kanker serviks ini berlangsung lancar dan tertib. Dari pagi pukul 08.00 WIB, peserta tak henti-hentinya berdatangan hingga ditutup pada pukul 13.00 WIB. Antusias warga terlihat dari ramainya ruang tunggu pemeriksaan yang digelar di Halaman tengah Kantor Kejati Kalteng. Sebelum menggelar tes IVA, panitia juga membuka kegiatan ini dengan mengadakan sosialisasi mengenai kanker leher rahim yang perlu diketahui kaum perempuan. (mrt/sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: