Palangka Raya

70 Siswa Ikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan BKBP

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Dalam rangka menambah jiwa kepemimpinan yang baik dan menambah wawasan dan meningkatkan kedisiplinan kalangan siswa, sebanyak 70 orang siswa OSIS SMK Negeri-1 Palangka Raya mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan mulai 28 – 30 September 2018 di aula SMKN-1 setempat, Sabtu (29/9/18).

Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, melalui Kabid. Ketahanan Ideologi Bangsa, Fauzi Rahman, S.Sos.,Map, yang menjadi salah satu nara sumber mengatakan, pendidikan politik bagi siswa selain melatih kepekaan dan kesadaran politik bagi pelajar, juga mempersiapkan lulusan yang cerdas dalam menggunakan hak-hak konstitusionalnya dan juga menjalankan kewajiban.

Bentuk kongkrit dari pembelajaran politik bagi siswa adalah pemilihan ketua OSIS, dalam kegiatan tersebut dibuat tahapan dari pendaftaran, penetapan calon, penyampaian visi misi, pemilihan dan penetapan calon terpilih, hingga pencoblosan.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya (Pramuka, PMR, Karate, dan lainya) dapat menambah wawasan dan keterampilan siswa dalam dasar kepemimpinan, bila mereka telah lulus kelak bisa berbaur dalam kehidupan bermasyarakat, ujar Fauzi.

Fauzi juga berpesan, bagi siswa yang sudah berumur 17 tahun agar gunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti di pemilu Presiden dan Pileg. “Hindari dan tolak politik uang, politisasi sara, dan penyebaran hoax,” ingatnya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: