DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Jangan Sampai Kenaikan BBM Dimanfaatkan Untuk Naikan Harga Sembako

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM –
Akhir-akhir ini stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Palangka Raya kerap mengalami kelangkaan. Akibatnya, antrian masyarakat yang ingin membeli BBM terlihat mengular di area SPBU. Ditambah lagi adanya kesimpangsiuran adanya kenaikan BBM yang belum jelas kepastiannya tentu menimbulkan pertanyaan banyak pihak.

Kondisi langkanya BBM ataupun adanya kenaikan BBM menurut anggota DPRD Kota Palangka Raya, Diu Husaini, akan dikuatirkan memiliki dampak dalam banyak hal terutama dari sisi ekonomi.

Penyebab kelangkaan BBM ini masih belum jelas, begitujuga soal kenaikan. Tapi yang dikuatirkan dampak dari kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk menaikan harga-harga komoditas kebutuhan masyarakat,ungkap Diu, Kamis (11/10/2018)

Dikatakannya, tidak bisa dipungkiri selama ini setiap ada kenaikan BBM ataupun kelangkaan BBM, maka tidak sedikit barang-barang komoditas penting ikut mengalami kenaikan . Terlebih jika pasokan komoditas dipasaran kebanyakan didatangkan dari luar daerah.

Alasan umum, jika BBM naik maka tarif jasa angkutan barang juga naik. Akibatnya distribusi dan harga jual komoditas barang juga mengalami kenaikan,ucapnya.

Hal tersebut lanjut Diu, bukanlah tanpa alasan, mengingat berbagai lini perekomomian selama ini akan sangat tergantung dengan kebutuhaan BBM. Sebab itulah kondisi demikian harus terus dipantau, terutama oleh pemerintah daerah untuk mengawasi ketat terhadap harga-harga komoditas di pasaran. Karena hal-hal yang berkaitanan dengan langkannya BBM ataupun kenaikan harga BBM bisa saja dimanfaatkan banyak oknum untuk menaikan harga secara besar-besaran.

Ya, kalau kenaikan harga satu jenis BBM hanya dengan kisaran Rp200 saja, maka tidak akan mungkin harga komoditas melonjak tinggi kenaikannya, Nah, ini yang saya maksud harus diawasi secara ketat. Bisa saja ada yang memanfaatkan adanya kelangkaan BBM ataupun kenaikan BBM ini,tandasnya.

Intinya tambah Diu, jangan sampai simpang siur adanya kelangkaan BBM maupun kenaikan BBM ini berimbas pada sektor perekonomian. Terkhusus mempengaruhi harga jual komoditas penting bagi masyarakat. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: