DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Perusahaan Swasta Yang Ada Di Kotim Diminta Dukung UMKM

Wakil Bupati Kotim Taufik Mukri (peci hitam) melakukan foto bersama dengan pelaku usaha UMKM, Senin malam (11/2).

LENSAKALTENG.com,SAMPIT–Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kotim butuh perhatian dan juga dukungan agar selaras dengan program pemerintah bergerak cepat membangun Kotim. Dukungan ini salah satu yang diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim adalah dari pihak perusahaan.
Mengingat, di Kotim me¬miliki perusahan swasta yang dapat membantu pelaku usaha kreatif dalam hal ini UMKM. Tercatat di Dinas UKM dan Koperasi yang ter¬daftar sebanyak 17 UMKM. Kemungkinan akan bertam¬bah lagi di tahun ini.
Wakil Bupati Kotim Taufik Mukri mengharapkan pihak perusahaan dapat membantu kegiatan dari UMKM, khusus¬nya dalam pendanaan. Ter¬lebih perusahaan mempunyai program yakni bantuan CSR.
“Saya selaku pemerintah daerah sangat mendukung ke¬beradaan UMKM yang ada di Kotim ini. Sebab, produk yang dihasilkan berasal dari bahan lokal yang memang mudah didapatkan, misalnya batok kelapa, rotan, kayu, dan lain-lain. Bahan yang ada tersebut ada yang mudah didapatkan dan ada yang tidak. Semakin sulit bahan yang didapatkan maka nilai jualnya pun ter¬golong tinggi,”jelasnya ketika bertemu langsung dengan pelaku UMKM, Senin (11/2).
Diakuinya, saat ini pengembangan produk lo¬kal daerah sangat diminati oleh masyarakat, misalnya produk makanan berupa selai nanas, sirup nanas, kue tradisional, keripik tanaman paku (kelakai) dan masih banyak lainnya.
“Jika tidak ada dukungan, mustahil kesejahteraan masyarakat khusus¬nya pegiat UMKM dapat tercapai. Apalagi pegiat UMKM ini kebanyakan dari kaum perempuan,” pungkasnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: