DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Perlu Dilakukan Pendampingan Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan, dalam pemulihan ekonomi, maka pemanfaatkan potensi ekonomi digital dan juga pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) penting dilakukan.

Adapun pendampingan terhadap UMKM, meliputi beberapa aspek. Antara lain legalitas badan usaha, peningkatan kualitas produk, kualitas kemasan, sertifikasi produk, penyediaan jasa logistik, gudang dan pengiriman, serta akses terhadap pendanaan atau modal kerja.

“Nah setelah itu, maka tidak kalah penting adalah memanfaatkan peluang dan potensi ekonomi digital dan pendampingan terhadap UMKM,”jelasnya, Selasa (27/10/2020)

Apalagi jelas dia, di tengah pandemi covid-19 ini, ada begitu banyak pembatasan aktifitas di luar rumah, maka digitalisasi usaha rakyat melalui marketplace akan membuat para pelaku usaha bertahan.

Selain iru, pendampingan bisa dilakukan dengan mensinergikan dengan program pemerintah. Seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Dana Kelurahan, sehingga konsumsi rumah tangga bisa naik.

Dalam bagian lain, politisi PDI Perjuangan ini menyarankan, agar pemerintah dan masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap UMKM dengan memprioritaskan belanja barang-barang buatan lokal.

“Kita mesti mendukung kembali gerakan bangga buatan Indonesia. Melalui gerakan ini dapat menimbulkan multiple effeck. Salah satunya UMKM bisa terus berproduksi,”pungkas Nenie.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: