Kalteng Resmi Berangkatkan Kontingen Pesparawi

LENSAKALTENG.com-  PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pro

Kepsek SDN 1 Sabaru Kena OTT Kejari
Jauhkan Narkoba Pada Anak Ortu Diminta Sediakan Bekal 
Total 17 Pasien Covid-19 di Bartim Dinyatakan Pulih

FOTO : Leonard S. Ampung saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng, H. Sugainto Sabran.

LENSAKALTENG.com PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung membuka secara resmi Konser Akbar sekaligus Pelepasan Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Provinsi Kalteng, di GKE Sakatik, Kota Palangka Raya, Kamis  (16/06/2022).

Dalam sambutannya, Leo mengajak seluruh stakeholder mendukung Kontingen Kalteng, yang akan berkompetisi pada kegiatan PESPARAWI tingkat Nasional ke-13 di Yogyakarta, pada tanggal 19-29 Juni mendatang

“Harapan dan doa kita bersama, semoga prestasi yang pernah diraih sebagai juara ke-4 (empat) Nasional pada gelaran PESPARAWI Nasional ke-12 di Pontianak Prov. Kalbar pada tahun 2018 dapat menjadi motivasi, sehingga pada tahun ini Kontingen Kalteng bisa menjadi juara terbaik,” ucap Leo.

Leo mengutarakan bahwa Pemprov. Kalteng mendukung penuh pelaksanaan kegiatan PESPARAWI Nasional tahun 2022 ini. Dukungan tersebut diimplementasikan dalam bentuk penyediaan anggaran bagi Kontingen Prov. Kalteng yang disalurkan melalui Lembaga Pengembangan PESPARAWI Daerah Prov. Kalteng.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kontingen PESPARAWI Nasional Prov. Kalteng, dimana pada beberapa cabang lomba seperti paduan suara telah memasukan sentuhan-sentuhan musik tradisional, pakaian adat, seni gerak dan tari daerah, corak batik Benang Bintik, dan alunan nada dari alat musik tradisonal Kalteng, untuk memperkaya penampilan Kontingen PESPARAWI Kalteng, sehingga dalam setiap penampilan, secara tidak langsung telah memperkenalkan potensi kebudayaaan dan adat istiadat yang dimiliki Kalteng di pentas Nasional,” tutur Leo.

Leo menambahkan, pada momen pelepasan kontingen ini, kepada seluruh peserta, pendamping dan official PESPARAWI Kalteng, agar selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan di Yogyakarta dapat menjadi etalase bagi sikap yang terpuji penuh keramahan, beradab dan santun, sebagai ciri khas masyarakat Kalteng, serta mampu beradaptasi dan menghargai adat istiadat dan kebudayaan masyarakat setempat, sebagaimana implementasi falsafah Huma Betang, yang menyimbolkan masyarakat Kalteng mau dan mampu saling menghargai dan beradaptasi dengan perbedaan, kapanpun dan dimanapun berada.

“Saya juga berpesan, untuk disiplin menjaga stamina dan kesehatan, agar jerih lelah dan pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya yang telah saudara-saudara semua lakukan selama masa persiapan dan latihan panjang, dapat berbuah manis dalam bentuk penampilan yang prima,” pungkasnya.

sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan PESPARAWI Daerah (LPPD) Prov. Kalteng Guntur Talajan dalam laporannya mengatakan PESPARAWI tahun ini merupakan PESPARAWI yang ke-13 di kota Yogyakarta yang secara keseluruhan akan diikuti oleh 34 Provinsi seluruh Indonesia dan rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Senin 20 Juni 2022.
Kotingen PESPARAWI, lanjutnya, berasal dari Kab. Murung Raya, Kab. Barito Timur, Kab. Lamandau, Kab. Sukamara, Kab. Seruyan, Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Katingan, Kab. Gunung Mas, Kab. Pulang Pisau dan Kab. Kapuas yang masing-masing mewakili satu kategori lomba dan Kota Palangka Raya mewakili dua kategori lomba.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wagub atas dukungan dana hibah untuk kontingen Kalteng dan suport moral yang sangat berharga bagi keikutsertaan kontingen Kalteng pada PESPARAWI ke-13 di Yogyakarta. Kontingen PESPARAWI Kalteng bertekad meraih hasil maksimal ditahun ini mohon doa dan dukungan bapak Gubernur dan seluruh masyarakat Kalteng agar bisa mendapat prestasi yang lebih baik dan mengharumkan nama Kalteng di tingkat Nasional,” tandas Guntur.

Sebagai informasi Kontingen PESPARAWI Kalteng mengikuti semua kategori lomba sebanyak 12 kategori yakni : Paduan suara anak 38 orang, Vokal solo anak 7-9 tahun 2 orang termasuk pianis, Vokal solo anak 10-13 tahun 2 orang termasuk pianis, Paduan suara remaja dan pemuda 45 orang, Vokal suara remaja putra dan putri masing-masing 2 orang termasuk pianis, Vokal group 13 orang, Musik gerejawi Nusantara 30 orang, Paduan suara wanita 27 orang, Paduan suara pria 29 orang, Musik pop gerejawi 10 orang dan Paduan suara dewasa campuran 45 orang.

Kemudian ditambah 22 orang official dari masing-masing Kab/Kota, 70 orang official Prov. Kalteng, pelatih dari masing-masing kategori sebanyak 12 orang dan peserta pameran 3 orang, 18 peserta tampil dalam dua kategori lomba sehingga jumlah total Kontingen Kalteng berjumlah 322 orang. Kontingen akan berangkat pada hari Sabtu 18 Juni 2022 menggunakan pesawat carter dan reguler.

Turut hadir pada pelepasan, Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalteng H. Noor Fahmi, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Prov. Kalteng, Pimpinan Aras Gereja, Pimpinan Sinode Gereja, dan Para Pendeta dan Pemuka Agama, serta Ketua, Penasihat, dan seluruh Pengurus LPPD Prov. Kalteng dan LPPD Kab/Kota se-Kalteng. (Don/MMC)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: