Enung Irawati : Pencegahan Penyakit DBD Harus Jaga Kebersihan

LENSAKALTENG.com - BUNTOK - Masyarakat harus waspada dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena dalam beberapa hari terakhir intensitas h

Momentum Sumpah Pemuda Jadi Motivasi
Dugaan Korupsi Proyek SMKN 3 Kalahien Harus Diusut
Bupati Belum Setujui Relokasi Anggaran Penanganan Covid-19

Foto : Enung Irawati

LENSAKALTENG.com – BUNTOK – Masyarakat harus waspada dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena dalam beberapa hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

Ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Enung Irawati, Senin (27/03/2023)

“Kita taukan, apabila sudah hujan, maka nyamuk pasti mulai banyak, ini yang sering menyebabkan penyakit DBD muncul. Maka dari itu kita harus bisa mencegah penularan dan perlu adanya upaya sehingga kita tidak tertular,” ucap Enung, Senin (27/3/2023).

Dirinya menuturkan, pencegahan tersebut juga harus busa menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah sendiri maupun komplek pemukiman seperti saluran air yang banyak sampah. Ini untuk mencegah munculnya wabah DBD yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Setiap warga, juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan menjalankan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air,” tutur Enung.

Dirinya menjelaskan bahwa efek DBD sangat kompleks karena menyangkut semua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi-sektor serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita jaga lingkungan yang bersih sehingga kita terhindar dari penyakit berbahay,” pungkasnya. (dn/md/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: