Sekda Beberkan Hasil Capaian Kinerja Tahun 2022

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Kalteng, H. Nuryakin menyampaikan Lapo

Panen Nusantara di Bulan Maret
Bantuan Sabran Bersaudara Sentuh Warga Selat Barat
Terkait Covid-19, Ini Rekomendasi Pansus DPRD Palangka Raya

Foto : Sekda Kalteng, H. Nuryakin.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Kalteng, H. Nuryakin menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Kalteng, Selasa (28/3/2023).

Sekda mengatakan pembangunan di Kalteng secara umum menunjukkan peningkatan dan hasil dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Kalteng dengan baik.

“Hal ini dibuktikan dengan capaian indikator Kinerja Makro tahun 2022 secara kumulatif tumbuh sebesar 6,45 persen lebih tinggi dari tahun 2021 sebesar 3,4 persen,” ucap Sekda.

Sekda mengungkapkan Produk Dosmetik Regional Bruto (PDRB) Pada tahun 2021 Gini Ratio Kalimantan Tengah sebesar 0,320 dan mengalami penurunan pada tahun 2022 sebesar 0,309 sehingga berada pada urutan sembilan terendah dari 34 provinsi, sedangkan Gini Ratio rata-rata Indonesia adalah 0,381.

Terkait pengelolaan keuangan daerah, Sekda menyebut realisasi pendapatan daerah tahun anggaran 2022 sebesar Rp5,299 triliun sehingga melebihi target yang ditetapkan yakni 5,254 triliun atau dengan capaian realisasi 100,86 persen.

Sekda menjelaskan, Semenjak Provinsi Papua dimekarkan, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan provinsi paling luas di Indonesia dengan luas wilayah 153.443,91 kilometer persegi dan jumlah penduduk 2.672.790. Dengan demikian maka sepanjang tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajaran terus berkomitmen untuk tetap optimal dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan, sebagai implementasi rencana kerja tahunan yang termuat dalam RKPD Tahun 2022 dan RPJMD 2021- 2026.

Capaian kinerja pemerintahan dan pembangunan yang terealisasi pada tahun 2022 antara lain, dimulainya pembangunan Rumah Sakit Kelas B di Desa Pembuang Hulu I Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

“Pembangunan renovasi Bundaran Besar Palangka Raya, menjadi tuan rumah penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya,” terang Sekda.

Menerima penghargaan Kategori Pemerintah Provinsi Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022, juara pertama dalam Kategori Kinerja Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi Tahun Anggaran 2021 dan penghargaan Hapakat Award sebagai Juara Pertama Kategori Kerjasama dan Kontribusi Terbaik Penyediaan Data dan Informasi, Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah dan Statistik Keuangan Pemerintah periode Semester II Tahun 2021, menerima penghargaan atas Keberhasilan Sebagai Provinsi Menuju Nol Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penilaian opini Badan Pemeriksa Keuangan yang tetap dapat dipertahankan dalam posisi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan tahun berturut-turut. (d0n/mmc/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: