Dikalteng, 2 Kilogram Lebih Narkoba Dimusnahkan

LENSAKALTENG.com -Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. melalui Dirresnarkoba Kombes Pol. Nono Wardoyo, S.I.K., M.H. menggelar kon

Toni Yosepta Siap Nahkodai KONI Katingan
Tinjau Vaksinasi di Gumas, Kapolda Kalteng Bagikan Bansos
HUT TNI, Brimob Kalteng Kunjungi Batalyon Infanteri Raider 631/Antang

Foto : Dirresnarkoba Kombes Pol. Nono Wardoyo, S.I.K., M.H. dan perwakilan dari BNN Provinsi Kalteng, BPOM Palangka Raya, Kejati Kalteng dan Kejaksaan Negeri Palangka Raya saat menggelar konferensi Pers pemusnahan barang bukti Narkoba.

LENSAKALTENG.com -Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. melalui Dirresnarkoba Kombes Pol. Nono Wardoyo, S.I.K., M.H. menggelar konferensi pers pemusnahan barang bukti narkoba di Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Kota Palangka Raya, Senin (26/06/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Dirresnarkoba didampingi Kabidhumas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji, S.I.K., M.Si., perwakilan dari BNN Provinsi Kalteng, BPOM Palangka Raya, Kejati Kalteng dan Kejaksaan Negeri Palangka Raya.

Dirresnarkoba menyampaikan bahwa Polda Kalteng berhasil menggungkap 21 kasus dan berhasil menangkap 32 tersangka dengan mengamankan barang bukti sebanyak 2.134, 55 gram.

Ditresnarkoba menuturkan kasus berasal dari lima Kabupaten dan satu kota yaitu di wilayah Kota Palangka Raya sebanyak lima kasus dengan delapan tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 252,53 gram, wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak enam kasus dengan delapan tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 294,81 gram.

Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak dua kasus dengan empat tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 46,87 gram, Wilayah Kabupaten Gunung Mas sebanyak satu kasus dengan dua tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 93,25 gram.

Kabupaten Kapuas sebanyak satu kasus dengan satu tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 10,59 gram dan Wilayah Kabupaten Pulang Pisau sebanyak satu kasus dengan satu tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 62,06 gram.

Selanjutnya Kabupaten Barito Timur sebanyak tiga kasus dengan tiga tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 1.207,73 gram, Kabupaten Barito Selatan sebanyak dua kasus dengan dua tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 82,39 gram.

“Barang bukti sabu yang berhasil disita dari para tersangka berasal dari Kota Pontianak Provinsi Kalbar yang dibawa melalui jalur darat ke perbatasan Kalbar dan Kalteng,” terang Nono Wardoyo.

Selanjutnya, dia menerangkan bahwa sabu diedarkan di wilayah Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Seruyan, Kab. Kotawaringin Barat, Kab. Lamandau, Kab. Katingan, dan Kota Palangka Raya serta dari Kota Banjarmasin Provinsi Kalsel yang dibawa melalui jalur darat ke Kota Palangka Raya untuk diedarkan di Kota Palangka Raya, Kab. Gunung Mas dan Kab. Barito Utara, Kab. Barito Selatan, Kab. Barito Timur , Kab. Murung Raya, Kab. Pulang Pisau, Kab. Kapuas di Provinsi Kalteng.

Sementara itu, Kabidhumas menyampaikan bahwa untuk kepada para tersangka yang merupakan pengedar akan dijerat dengan pasal 114 ayat (2) JO pasal 112 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal enam tahun penjara dan denda satu miliar rupiah dan maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup atau mati dengan denda 10 miliar rupiah.

“Dengan jumlah barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini yaitu 2.134,55 gram sabu maka kita telah berhasil menyelamatkan masyarakat sebanyak 42.871 jiwa dengan asumsi satu gram dibagi menjadi 10 paket hemat dan satu paket hemat dapat dipakai oleh dua orang,” tutupnya. (don/hmspolda/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: