Pemkab Harus Berikan Pembinaan untuk Pedagang Tradisional

Pemkab Harus Berikan Pembinaan untuk Pedagang Tradisional

BUNTOK –Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Hermanes berharap pemerintah daerah untuk mengawal dan membina pel

Berharap Pembangunan di Barsel Merata
Kebijakan PTM Musti Perhatikan Faktor Keselamatan
Anggaran APBD Tahun 2022 Disetujui

Foto : Anggota DPRD Barsel, Hermanes

BUNTOK –Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Hermanes berharap pemerintah daerah untuk mengawal dan membina peladang tradisional lokal untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ini tak lain agar mereka ini tetap bisa produktif di tengah larangan membakar hutan dan lahan untuk membuka lahan, khususnya juga lokasi berladang,” ucap Hermanes, Senin (5/6/2023).

Dia mengatakan, banyak masyarakat karena ketidaktahuannya serta ketidakmampuannya mengikuti aturan tersebut, akhirnya terjerat kasus hukum.

“Padahal mereka hanya berusaha mencari sumber penghasilan dari kegiatan berladang,” ujarnya

Dia menjelaskan, pihaknya tidak ingin yang banyak dipenjara justru para petani, ketimbang oknum korporasi yang membakar hutan dan lahan.

“Di satu sisi mereka tidak punya sumber daya lain untuk mengolah lahan. Sehingga sudah seharusnya dibantu pemerintah,” tuturnya.

Dia berharap, peladang tradisional mestinya jadi program pemberdayaan dari pemerintah daerah dengan membantu dan membuka lahan yang akan jadi ladang.

“Karena membuka ladang tanpa membakar itu memerlukan biaya yang cukup besar bagi mereka,” pungkasnya. (sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: