Kader PKK Harus Mampu Mengatasi Angka Stunting

LENSAKALTENG.com - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo secara resmi membuka Jambore Kader Pe

Gubernur Kalteng Terima Penghargaan Dedikasi Konservasi dari Kementerian LHK RI
Pemkab Bartim Bakal Luncurkan Ribuan Kartu Tani
Peduli Warga Terdampak Covid-19, Ribuan Bantuan Segera Disalurkan

Foto : Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo

LENSAKALTENG.com – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo secara resmi membuka Jambore Kader Pemberdayan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalteng Tahun 2023, di Swissbell Hotel Danum, Kota Palangka Raya, Kamis (31/8/2023).

Edy menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya Jambore tersebut, dan jambore sekaligus merupakan momentum untuk memberikan penghargaan kepada Kader PKK yang telah bekerja dengan, tulus, ikhlas.

Edy juga meminta para kader PKK mengutamakan tiga point dalam kehidupan diantaranya kesehatan, kecerdasan, dan pintar mengatur ekonomi karena, menciptakan Keluarga Sejahtera merupakan inti penting dalam setiap kegiatan PKK.

“Ciptakan keharmonisan dalam keluarga, sebab keluarga merupakan pondasi kehidupan kita,” ucap Edy.

Edy juga berharap Kader PKK dapat berperan aktif membantu pemerintah untuk mengatasi stunting yang merupakan masalah bersama, dan pencegahannya memerlukan keterlibatan unsur pentahelix.

Dia juga mengatakan melalui Jambore Kader PKK seperti ini dapat memperkuat komitmen untuk menjalankan program kesejahteraan rakyat sebagaimana tertuang dalam 10 program pokok PKK.

“Marilah bersama-sama kita memberantas kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar yang universal,” ujar Edy.

Edy juga menuturkan bahwa adanya persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, mencegah terjadinya pernikahan usia anak, memerangi HIV/AIDS dan penyakit lainnya serta Narkoba, menjamin kelestarian lingkungan dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan serta penekanan Stunting yang sudah menjadi isu nasional terutama di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP-PKK Prov. Kalteng, Hj. Nunu Adriani Edy Pratowo mengatakan pengurus TP-PKK Provinsi maupun Kabupaten/Kota ada dari kalangan bapak-bapak, pengurus TP-PKK tidak hanya perempuan saja karena PKK adalah orang-orang yang mempunyai jiwa atau sosial yang tinggi untuk mau mengabdikan dirinya dalam membantu masyarakat agar menjadi masyarakat yang sejahtera sesuai dengan tema pada Jambore Kader PKK Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023.

“Jambore Kader PKK sudah diselenggarakan ke tujuh kalinya setelah sempat tiga tahun tidak bisa menyelenggarakan karena masih dalam kondisi COVID-19. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 31 Agustus sampai tanggal 2 September 2023 mendatang,” tuturnya.

“Peserta yang hadir ada 10 kabupaten/kota yang mengikuti Jambore pada tahun ini dengan jumlah total peserta kurang lebih 240 orang,” sambungnya.

Dia juga menerangkan bahwa tujuan Jambore kader PKK adalah meningkatkan wawasan pengetahuan, memberikan penghargaan atas prestasi para kader, memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera serta meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan diantara para kader se-Kalteng.  

Ditempat yang sama, Bank Indonesia menyerahkan bantuan kepada Tim Penggerak PKK berupa bantuan bibit cabe sebanyak 10.000 batang, yang diharapkan dapat membantu dalam memperkuat komoditas hortikultura dan ketahanan pangan keluarga yang menjadikan keluarga dapat sejahtera secara mandiri dan agar inflasi di kalteng stabil sesuai dengan harapan bersama.(dn/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: