Tamarzam : Investor Harus Mempunyai Regulasi Yang Jelas

LENSAKALTENG.com - BUNTOK - Kalangan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tamarzam mengatakan, dalam s

Dewan Barsel Minta Pasar Subuh Dipindahkan
Selama Isolasi Mandiri, Pemkab Barsel Bakal Berikan Bantuan
Dua Desa Wisata di Barsel Dapat Apresiasi Dari DPRD

FOTO : Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tamarzam.

LENSAKALTENG.com – BUNTOK – Kalangan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tamarzam mengatakan, dalam suatu investasi memerlukan regulasi yang jelas. Karena dengan adanya aturan yang jelas, maka aktivitas investor menanamkan modalnya di suatu daerah bisa berjalan dengan aman dan lancer.

“Regulasi tersebut harus mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP). Untuk itu, suatu investasi harus ada regulasi yang jelas,” katanya, Senin (8/11/2021).

Menurut Tamarzam, regulasi itu diperlukan, supaya setiap investasi yang masuk ke wilayah Kabupaten Barito Selatan mempunyai payung hukum yang jelas.

“Dengan mengacu ke RTRWP itu, maka dapat diketahui dengan jelas potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di enam kecamatan di Barsel,” ungkapnya.

Menurut dia, kalau mengacu pada RTRWP itu, sudah ada peruntukannya, seperti m wilayah perkotaan, wilayah pengairan, perikanan, serta wilayah lainnya.
Oleh karena, dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan agar membuat regulasi atau payung hukum terkait dengan investasi di daerah ini. Selain mengacu pada RTRWP, Pemkab Barito Selatan juga bisa membenahi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK).

“Hal tersebut agar ada jaminan hukum sehingga investor tidak ragu- ragu lagi dalam menanamkan modalnya di Barito Selatan ini,” tambahnya

Selain itu juga, kata dia, dukungan masyarakat sangat diperlukan supaya investasi berjalan dengan bik dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten Barsel. Legislator dapil I Barsel itu juga mengharapkan agar semua potensi daerah yang dimiliki Barsel bisa dikelola maksimal setiap tahunnya.

“Dengan pengelolaan yang maksimal, diyakini bisa mendukung pesatnya pembangunan di daerah berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus dari tahun ke tahun,” tegasnya.

Wakil rakyat Barsel itu mengatakan, dengan masuknya investasi di daerah itu, tentunya memberikan nilai positif bagi peningkatan roda pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat Barsel. Ia berharap, agar pemerintah daerah melalui semua perangkatnya bisa terus mencari terobosan setiap tahun dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Sebab dengan meningkatnya kontribusi bagi PAD dari berbagai sektor, hal itu pasti mempercepat semua keinginan dari pemerintah dalam upayanya meningkatkan pembangunan untuk bisa sejajar dengan daerah lain,” ungkap Tamarzam.

Ia berharap, agar masyarakat dapat mendukung semua program yang telah dicanangkan pemerintah daerah setiap tahun. Mengapa demikian, kata dia, dengan didukungnya semua program pemerintah, maka semua program yang telah dicanangkan itu dapat berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan.

“Sebab di tahun-tahun sebelumnya boleh dikatakan, dari setiap investasi yang ada di Barsel sama sekali tidak pernah memenuhi kewajibannya dari aturan yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Dia mengakui, memang dalam memenuhi kewajibannya di tahun sebelumnya, kontribusi yang diberikan pihak ketiga terbilang kecil.

“Namun ada pula investor yang memang tidak memenuhi kewajibannya, walaupun oleh pemerintah daerah sudah seringkali diberikan peringatan,” terangnya.

Yang seringkali menjadikan suasana daerah tidak kondusif, lanjut Tamarzam, yakni akibat masuk dan ulah dari para investor nakal.

“Pasalnya dari kegiatan operasional investor nakal itu, kerap kali bentrok dengan masyarakat di wilayah operasinya, dikarenakan hanya ingin meraup keuntungan sepihak,” tegasnya.

Wakil rakyat itu mengimbau agar pemerintah daerah bisa bersikap tegas, terkait jika ada investasi yang dianggap menyengsarakan rakyat.

“Jika ada investasi yang dianggap menyengsarakan rakyat Barsel, apalagi tidak menaati aturan dari pemerintah, hendaknya ada tindakan tegas dari pemerintah,” harapnya.

(sst/don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: