Pemprov Kalteng Pantau Lokasi Banjir

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Ka

Pemkab Pulpis Gelar Pasar Murah di Pandih Batu
Selain Masker, Gubernur Juga Bagikan Sembako ke Kotim
Dandim dan Kapolres Barsel Sambangi Bayi Ainun

Foto : Sejumlah Rumah warga terdampak banjir.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kalteng Katma F. Dirun melakukan Pemantauan Banjir di sejumlah titik kawasan Kota Palangka Raya, Minggu (20/12/2022).

Adapun sejumlah titik tesebut yakni, Posko Jalan Arut, Posko Jalan mendawai, Posko Jalan Pelatuk, dan Posko kantor Perumdam Palangka Raya.

Hujan deras yang mengguyur Kota Palangka Raya belakangan ini, mengakibatkan permukiman warga terutama yang bermukim di dataran rendah dan dekat dengan aliran sungai tergenang air kurang lebih setinggi 30 meter.

Katma mengatakan karena intensitas hujan yang cukup tinggi dan adanya kenaikan di daerah hulu kahayan, potensi banjir ini memang ada di Kalteng. Namun demikian semuanya masih bisa terkendali. Prov. Kalteng saat ini statusnya tanggap darurat. Ia juga menyebutkan adanya kenaikan debit air di wilayah di Kabupaten Gunung Mas.

“Untuk penanganan, saat ini masih dimaksimalkan Kabupaten/Kota. Namun Pemprov selalu mem-backup sesuai dengan perintah Gubernur Kalteng. Kita dari Pemprov selalu memantau untuk menjalin komunikasi yang lebih intens, karena sebagaimana yang kita ketahui dalam tanggap darurat ini semuanya harus berkomunikasi dengan aktif,” ujar Katma.

Katma juga menambahkan, untuk pemberian bantuan juga masih akan dimaksimalkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Dalam artian jika memang sudah diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota tapi masih ada kekurangan stok, baru bantuan dari Pemprov akan digulirkan atau diturunkan. Seperti bantuan yang sudah diberikan untuk wilayah barat kemarin. Karena Gubernur menurunkan bantuan sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing.

Turut hadir mendampingi Asisten PemKesra, Kalaksa BPBPK Prov. Kalteng Falery Tuwan, Kepala Satpol PP Prov. Kalteng Baru I. Sangkai dan Plt. Kepala Dinsos Prov. Kalteng Eddy Karusman. (mmc/d0n)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: