Kalteng dan Kalsel Kolaborasi Tingkatkan Budidaya Perikanan

LENSAKALTENG.com - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, Darlia

Wabup Gumas Resmi Kukuhkan TPKAD
Gabungan Empat Organisasi di Barsel Serahkan Bantuan Kepada Warga
Pemprov Kalteng Diminta Turun Tangan Atasi Konflik Lahan Masyarakat Pondok Damar dan PT.Mustika Sembuluh

Foto : Kadislutkan Kalteng, Darliansjah bersama Kepala Unit Pelayan BPBAT, Evalawati.

LENSAKALTENG.com – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, Darliansjah mengunjungi Unit Palayanan Teknis Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT), Mandiangin, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (28/4/2023).

Darliansjah mengatakan, bahwa kunjungan tersebut untuk menjalin kerja sama dengan UPT BPBAT Mandiangin dan menjalin sinergisitas serta berkolaborasi untuk program pembangunan sektor budidaya perikanan di Kawasan food estate di Kalimantan Tengah.

Darliansjah juga menyampaikan, bahwa Kawasan food estate merupakan program nasional yang menjadikan kalteng sebagai lumbung pangan termasuk budidaya ikan yang akan diintegrasikan dengan pertanian yang menggunakan konsep budidaya tertentu.

“Adanya program unggulan model kampung budidaya ikan patin terintegrasi berorientasi ekspor di Basarang, yang nantinya kita memerlukan kolaborasi Kalteng dengan BPBAT Pemkab. Kapuas, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University,” ujar Darliansjah.

Sementara itu, Evalawati selaku Kepala UPT. BPBAT Mandiangin mengapresiasi yang dilakukan oleh Dislutkan Kalteng.

“Kami menyambut baik adanya kunjungan ini dan siap meningkatkan sinergisitas untuk dapat bekerja sama di sektor kelautan dan perikanan khususnya pembangunan Kawasan food estate di Kalteng,” ucap Evalawati.

Evalawati menerangkan, bahwa wilayah kerja mencakup delapan provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Bali, NTB dan NTT.

“Dalam beberapa kesempatan telah dilakukan distribusi benih ke beberapa kabupaten di Kalteng yaitu sebanyak 1.200.000 ekor benih ikan Patin, Nila dan Papuyu,” pungkas Evalawati. (d0n/mmc/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: