Dinkes Gelar Rakor SDM Kesehatan

LENSAKALTENG.com - Palangka Raya – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Dinkes Prov. Kalteng) menggelar Pertemuan Koordinasi Program Sumber D

Kalteng Targetkan Dua Ton Udang Tahun 2024
Kementrian Pertanian Jadikan Kalteng Lumbung Pangan Nasional
Selama 2017, Polda Kalteng Ungkap 750 Kasus Narkoba

FOTO : Suyuti Syamsul

LENSAKALTENG.com – Palangka Raya – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Dinkes Prov. Kalteng) menggelar Pertemuan Koordinasi Program Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Hotel Neo Palangka Raya, Senin (29/4/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul.

Kadis Kesehatan mengatakan bahwa program dan kegiatan untuk memenuhi Sumber Daya Manusia Kesehatan telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan, baik pada tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Program dan kegiatan yang telah dilakukan hingga tahun 2024 ini masih belum memberikan hasil memuaskan dalam hal memenuhi tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas.

“Dari 204 puskesmas di Kalimantan Tengah masih tersisa delapan puskesmas yang tidak ada dokternya, 138 puskesmas tidak memenuhi sembilan jenis nakes, 100 puskesmas tanpa dokter gigi. Oleh karena itu, kegiatan pertemuan koordinasi program SDMK tingkat provinsi ini diadakan untuk mensinergikan program-program yang ada di provinsi dengan kabupaten/kota, agar pemenuhan SDMK di Kalimantan Tengah dapat segera tercapai,” ujarnya.

Dalam rangka memenuhi target rasio dokter dibanding penduduk di Indonesia, Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan program afirmasi dokter umum.

Hal-hal yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan implementasi di lapangan perlu dipahami oleh Dinas Kesehatan. Permasalahan yang mungkin timbul akibat program ini perlu diantisipasi lebih dini oleh Dinas Kesehatan dan stakeholder kesehatan lainnya.

“Dengan program afirmasi dokter umum yang kuat maka upaya pemenuhan kebutuhan dokter umum di Kalimantan Tengah semoga lebih cepat tercapai,” ungkap Kadiskes.

Selain itu, Suyuti juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD se-Kalimantan Tengah yang sudah mengelola program Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan sebaik mungkin.

“Saya mengharapkan semoga antara Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota serta RSUD se-Kalimantan Tengah bisa berkoordinasi dan bersinergi agar apa yang kita harapkan dapat terwujud,” imbuhnya.

“Kepada para peserta pertemuan diharapkan untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dengan sepenuh hati dalam mengikuti pertemuan ini, agar nanti dalam melaksanakan tugas di tempat kerjanya masing-masing memiliki semangat dan optimis yang kuat untuk mencapai Kalimantan Tengah Makin BERKAH,” tutupnya. (Don/mmc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: