DPRD Kota Palangka RayaHeadline

Ketua DPRD Evaluasi Anggota Dewan Sering Tidak Aktif

PALANGKA RAYA, LENSAKALTENG.COM – Dalam rangka meningkatkan kinerja lembaga DPRD, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto akan mengevaluasi anggota dewan yang sering tidak aktif atau tidak hadir pada rapat paripurna.

“Saya minta kepada Bagian Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Kota Palangka Raya untuk merekapitulasi absensi anggota dewan, siapa saja yang tidak pernah hadir pada saat rapat paripurna, apakah ini sudah melanggar atau tidak? Hal itu akan kita evaluasi, tegas Sigit usai menghadiri Rapat Paripurna ke 5 Masa Sidang III tahun sidang 2018, tentang Penyampaian Pidato Pengantar Ketua DPRD Kota Palangka Raya terhadap Tiga Raperda Inisiatif DPRD Kota Palangka Raya, Senin (15/10/2018).

Dijelaskanya lebih lanjut, karena didalam ketentuan Tata Tertib Dewan sudah jelas mengatakan bahwa tidak hadir sekian kali dalam rapat paripirna, maka harus diberi teguran baik lisan maupun tertulis.

Makanya saya minta ke bagian Sekwan untuk merekap absensi anggota dewan, untuk dilihat keaktifanya sebagai anggota dewan. Nantinya anggota yang bersangkutan akan kita panggil melalui Badan Kehormatan (BK) Dewan, ujar Sigit.

Nantinya, kata Sigit, BK yang akan memberikan masukan maupun teguran kepada anggota dewan yang bersangkutan tersebut.

Sementara, Anggota BK DPRD Kota Palangka Raya, H Muhamad Yusran mengatakan sebagai lembaga badan kehormatan dewan, pihaknya siap menjalan tugas yang sudah diamanatkan undang-undang.

Kalau pun nantinya ada rekomendasi dari Ketua DPRD, BK tidak bisa langsung mengambil tindakan, tapi harus ada rapat internal BK terlebih dengan ketua dan sekretaris untuk lebih lanjutnya, ujar Yusran singkat. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: