Diskominfosantik Kalteng Gelar Bimtek Penulisan Berita

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng menggelar bimbingan te

Gubernur Gelar Rapat Pembahasan APBD 2023
Anggaran Terbatas, Jadi Kendala Dishub Palangka Raya Kelola Parkir
Kejaksaan dan Pemkab Katingan Sepakati Hal Ini

Foto : Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng, Agus Siswadi.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng menggelar bimbingan teknis (bimtek) penulisan berita online, bertempat di Aula Diskominfosantik Prov. Kalteng, Jumat (4/11/2022).

Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi mengatakan hak mendapatkan informasi merupakan bagian dari hak dasar setiap manusia. Melalui informasi yang diakses, manusia dapat mengembangkan diri dan ikut serta dalam interaksi sosial dan tata hidup kenegaraan.

“Disrupsi teknologi membawa perubahan pada pola komunikasi. Komunikasi dua arah yang dianggap sebagai solusi ternyata tidak cukup baik untuk menjalin relasi antara Pemerintah dan publik, maka saat ini komunikasi dengan publik semakin berkembang tidak hanya dua arah namun menjadi multi way communication,” ucapnya.

Agus menambahkan, pemanfaatan website resmi sebagai media online oleh instansi Pemerintah akan memberikan dampak kemajuan yang besar. Menurutnya, instansi Pemerintah dapat meningkatkan publikasi dan perluasan jangkauan pembaca dengan menggunakan media yang lebih akrab dengan masyarakat yakni portal pemberitaan.

“Sesuai dengan tupoksinya, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendiseminasikan informasi hadir dengan portal berita Multi Media Center Kalimantan Tengah atau yang lebih akrab disebut MMC Kalteng, resmi hadir pada tanggal 10 September 2017, yang menjadi corong dalam publikasi program kegiatan Pemerintah daerah,” ungkapnya.

Agus juga menyebut, MMC Kalteng merupakan media terluas dan tercepat dalam melakukan publikasi dan dokumentasi kegiatan pemerintahan, terutama program kegiatan Pemprov. Kalteng. Layaknya media online pada umumnya, Multi Media Center Kalteng memiliki Standar Operational Procedure (SOP), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan struktur redaksi yang lengkap.

“Multi Media Center dinobatkan sebagai Media Center dengan kategori penulisan berita terbaik peringkat empat nasional pada tahun 2019 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika,” bebernya.

Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng ini pun berharap, para peserta bimtek dapat memahami nilai berita dan menguasai teknis penulisan berita agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosantik Prov. Kalteng Edi Juardi menyampaikan bahwa bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta di bidang jurnalistik, terutama dalam menyampaikan berita dan informasi yang akurat di berbagai media online dan media sosial lainnya, salah satunya dalam portal berita resmi Pemprov. Kalteng.

Turut hadir selaku narasumber Pranata Humas Ahli Muda Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Direktorat Pengelola Media Kementerian Kominfo RI Moh. Taofiq Rauf, para pejabat dan staf Diskominfosantik Prov. Kalteng, perwakilan Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalteng, serta Diskominfo kabupaten/kota se-Kalteng. (mmc/d0n)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: